Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan

Main Author: Siti, Masithoh
Other Authors: Sujiyo, Miranto
Format: Bachelors
Bahasa: in
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24324
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar kognitif siswa pada konsep sistem pencernaan makanan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Tangerang Selatan pada tahun ajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Jumlah siswa pada kelas eksperimen dan kontrol masing masing sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian yang diberikan berupa tes yang terdiri dari 22 soal bentuk pilihan ganda. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil Penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif biologi yang diberi media pembelajaran berupa komik lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kognitif biologi yang diberi pembelajaran konvensional. Dengan demikian penggunaan media komik berpengaruh terhadap hasil kognitif siswa.
  • Sujiyo Miranto