Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdit Bina Insani ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Sdit Bina Insani Kelas V Semester Ii Serang-Banten )
Main Author: | Mutmainah |
---|---|
Other Authors: | Otong, Suhyanto |
Format: | Bachelors |
Bahasa: | in |
Terbitan: |
Otong Suhyanto
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24311 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) di kelas V-D SDIT Bina Insani Serang tahun pelajaran 2012-2013. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa kelas V-D yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dimana peneliti berkolaborasi dengan guru matematika kelas V SDIT Bina Insani sebagai observer dan kolaborator. Penelitian diadakan sebanyak dua siklus. Satu siklus terdiri 5 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, penyebaran skala motivasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan peneliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar matematika siswa. Persentase kategori tinggi pada siklus I sebesar 11,11% sedangkan kategori tinggi pada siklus II sebesar 66,67%. Peningkatan ini disertai dengan peningkatan hasil belajar matematika siswa. Hasil tes menunjukan siswa telah berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang sesuai dengan intervensi tindakan yang diharapkan yaitu 75. KKM dalam pelajaran matematika adalah 75. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase skor rata-rata nilai yang mencapai KKM yaitu siklus I sebesar 74,07% sedangkan siklus II 92,95%. Kesimpulannya bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
- Otong Suhyanto