Peranan tadarus al-Qur'an dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas xii pada mata pelajaran al-Qur'an hadits di Madrasah aliyah Miftahul Umam Pondok Labu jakarta Selatan

Main Author: Muhamad Mukri
Other Authors: Abdul Madjid Khon
Format: Bachelors
Terbitan: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/21210
Daftar Isi:
  • i, 70 hal.; 28 cm.
  • Peranan Tadarus Al-Qur’an dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa kelas XII pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Miftahul Umam Pondok Labu Jakarta Selatan”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Kata kunci : Korelasi, Tadarus Al- Qur’an, Prestasi, Belajar, Al- Qur’an Hadits Latar belakang masalah dari penelitian ini diantaranya adalah pertama remaja saat ini kurang tertarik bertadarus (membaca al- Qur’an), dikarenakan pendidikan awal siswa non madrasah sehingga sulit membaca al- Qur’an yang bertuliskan aksara Arab. Kedua terdapat beberapa kendala dalam proses pembelajaran al- Qur’an Hadits yaitu 1) Latar belakang pendidikan siswa yang tidak semuanya dari Madrasah Tsanawiyah atau belum pernah mempelajari aksara Arab, 2) Alokasi waktu pelajaran al- Qur’an Hadits yang tidak memadai, 3) Guru yang kurang kompeten, dan 4) sarana dan prasarana yang kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara kegiatan tadarus al- Qur’an dengan prestasi belajar pada mata pelajaran al- Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Miftahul Umam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional yang dilaksanakan di MA Miftahul Umam dengan melibatkan 23 siswa kelas XII. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan studi dokumenter. Analisis data menggunakan analisis korelasional dengan teknik Korelasi Pearson Product Moment. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa: 1) Respon positif siswa terhadap kegiatan tadarus al- Qur’an di MA Miftahul Umam mencapai rata-rata 77.82% termasuk dalam kategori baik. 2) Tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al- Qur’an Hadits setelah melalui kegiatan tadarus al- Qur’an berada dalam kategori baik dengan siswa mencapai belajar tuntas sebanyak 20 dari 23 siswa atau sebesar 86.96%. 3) Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kegiatan tadarus al- Qur’an dengan prestasi belajar al- Qur’an Hadits siswa di MA Miftahul Umam. Adanya hubungan yang positif dan signifikan itu dibuktikan dengan angka koefesien korelasi sebesar 0.5734. Angka koefesien tersebut menunjukkan hubungan yang cukup antara kegiatan tadarus al- Qur’an dengan prestasi belajar al- Qur’an Hadits siswa. Besarnya konstribusi kegiatan tadarus al- Qur’an terhadap prestasi belajar al- Qur’an Hadits sebesar 32.87% dan sisanya 67.13% ditentukan oleh faktor lain.