Penerapan pembelajaran berbasis multiple inteligences untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika penelitian tindakan kelas di smp pgri 1 ciputat

Main Author: Wulandari, Eny
Other Authors: Kadir
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmi Tarbiyah Dan Keguruan
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2110
Daftar Isi:
  • ii, 115 hal.; 28 cm.
  • Penerapan Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa”. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Juni 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Apakah pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa, 2) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences pada pelajaran matematika 3) Apakah pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI 1 Ciputat Tahun Ajaran 2009/2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas, jurnal harian siswa, wawancara, dan tes soal. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa, memberikan respon positif terhadap pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. .