Respon guru dan siswa terhadap Perpustakaan Sekolah MAN Insan Cendikia Serpong

Main Author: Ani Widiani
Other Authors: M.Zuhdi
Format: WorkOfArt
Terbitan: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Tarbiyah, 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/18501
Daftar Isi:
  • viii, 70 p.
  • Perpustakaan adalah salah satu sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah dalam membantu meningkatkan proses belajar mengajar yang diselenggarakan di sekolah tersebut. Perpustakaan sebagai salah satu sumber bacaan dan pengetahuan, keberadaannya ternyata mengundang respon yang bermacam-macam dari guru, siswa, dan masyarakat. Skripsi program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Syarif Hidayatullah. Bertujuan untuk mengetahui Respon Guru dan Siswa Terhadap Perpustakaan Sekolah MAN Insan Cendekia Serpong. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan tehnik analisa kuantitatif deskriptif, yaitu memberikan gambaran tentang respon guru dan siswa terhadap perpustakaan sekolah. Penelitian ini dilakukan di MAN Insan Cendekia Serpong, Jl. Cendekia No. 1 Bumi Serpong Damai (BSD) Sektor XI, pada bulan Januari sampai dengan bulan Febuari 2009. Sampel diambil secara Random Sampling, subyek pada penelitian ini adalah para guru dengan sampel yang diambil 25% dan siswa dengan sampel 20%, tehnik pengumpulan data dengan menyebarkan angket. Keberadaan perpustakaan MAN Insan Cendekia Serpong pada garis besarnya mendapat respon atau pengaruh yang positif dari guru maupun siswanya. Hal ini dapat dilihat pada tabel 11 (70,00 %) guru yang suka berkunjung ke perpustakaan sekolah, tabel 16 (70,00 %) guru menganggap perpustakaan dapat meningkatkan minat baca, tabel 21 (84,62 %) siswa yang suka pergi ke perpustakaan sekolah tabel 32 (78,46 %) siswa yang sering menjadikan perpustakaan untuk belajar bersama tabel 34 (84,62 %) siswa yang menganggap perpustakaan dapat membantu meningkatkan prestasi belajar. Selain itu juga salah satu faktor yang mendukung para guru dan siswa merespon keberadaan perpustakaan sekolah yaitu dari fasilitas atau sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah MAN Insan Cendekia Serpong.