Pengaruh pendekatan keterampilan proses sains terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep suhu dan kalor (penelitian Quasi eksperimen di SMA 10 Tangerang)
Main Author: | Risika Sartika Dewi |
---|---|
Other Authors: | Nda Marnada |
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1738 |
Daftar Isi:
- iii. 58 hal.; 28 cm.
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan keterampilan proses sains terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 10 Tangerang tahun ajaran 2010/2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental dengan desain penelitian pretest and posttest one group design. Sampel penelitian ini adalah 36 siswa yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling pada siswa kelas X. Pengumpulan data dilakukan setelah diberi perlakuan yang diperoleh dari nilai tes keterampilan proses sains dan penilaian kinerja pada konsep suhu dan kalor. Tes yang diberikan terdiri dari 10 soal bentuk pilihan ganda beralasan, dengan koefisien reliabilitas 0,77. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pendekatam keterampilan proses sains berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa.