STRATEGI PELAYANAN PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) AL-SALAAM CINERE - DEPOK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH

Main Author: Lilis Muchlisoh
Other Authors: Hasanuddin Ibnu Hibban, MA, Drs.H.
Format: Bachelors
Terbitan: Jakarta: Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Syarif Hidayatullah, 2011
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1650
Daftar Isi:
  • vi, 63 hal; 30 cm.
  • Persaingan yang sangat ketat dalam bisnis jasa perbankan telah memaksa para perusahaan jasa perbankan untuk bersaing menempati posisi dibenak para konsumen, setiap perusahaan ingin mempertahankan keberadaannya dimasyarakat agar bertahan dan memperluas pangsa pasar. Untuk dapat memasuki pasar maka perusahaan dituntut untuk memenuhi kebutuhan nasabah, ada yang dengan cara meningkatkan pelayanan, dan ada pula dengan cara membuat produk yang beragam agar nasabah dapat memilih. Dalam penulisan ini, penulis menggunakan penelitian kulitatif, dengan menggunakan penelitian menghasilkan data deskriftif. Metode ini bertujuan untuk menggambarkan secara terperinci fenomena-fenomena tertentu dan kemudian menganalisisnya, serta menginterpretasikan melalui data yang terkumpul. Hasil dari penelitian ini, bahwa pelayanan dapat meningkatkan kepuasan terhadap nasabah, namun diperlukannya perbaikan secara terus-menerus agar nasabah bersikap loyal terhadap perusahaan. Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa, secara garis besar strategi pelayanan PT. BPRS Al-salaam memiliki lima macam unsur pokok dalam pelayanan yaitu FIRST ( Fast, Islamic, Responsive, Simple, Trust) . Semua unsur tersebut diaplikasikan dalam salah satu istilah pokok yaitu kemampuan melayani. PT.BPRS Al-salaam dalam mengukur kepuasan nasabah dengan menggunakan cara yaitu: yang pertama memuaskan pegawai, PT. BPRS Al-salaam tidak hanya memuaskan nasabah tetapi juga harus memuaskan para pegawai dengan maksud agar kinerja mereka dapat berjalan dengan baik, karena pegawai juga ingin hasil kerjanya mendapatkan imbalan yang setimpal baik itu dengan cara memberikan penghargaan piagam kepada pegawai yang berprestasi yang disebut dengan SKI (Penilaian karayawan) sasaran kerja individu. Kedua Kotak saran, informasi yang diperoleh melalui kotak saran ini dapat memberikan ide-ide baru dan masukan berharga bagi PT. BPRS Al-salaam sehingga memungkinkannya memberikan respon secara cepat dan tanggap terhadap setiap masalah yang timbul. Yang ketiga kuesioner merupakan salah satu cara untuk mengukur kepuasan nasabah. PT.BPRS Al-salaam juga memberikan gambaran tentang faktor pendorong kepuasan nasabah, yaitu dengan cara: meningkatkan pelayanan, membuat produk, dan program yang beragam serta meningkatkan sumber daya manusia(SDM).