Pengaruh pengintegrasian nilai pada pembelajaran kimia dengan pendekatan pembelajaran kooperatif teknik teams-games-tournament (TGT) terhadap sikap siswa (eksperimen di Madrasah Aliyah ali-khairiyah Jakarta)
Main Author: | Robiatul Adawiyah |
---|---|
Other Authors: | Mahmud Seregar |
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1543 |
Daftar Isi:
- i, 63 hal.; 22 cm.
- Penelitian ini berjudul “ Pengaruh Pengintegrasian Nilai Agama Pada Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Pembelajaran Koperatif Teknik Teams-Games-Tournament ( TGT) terhadap Sikap Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh integrasi nilai agama dalam pembelajaran kimia terhadap sikap siswa dan mengembangkan alternatif pembelajaran yang dapat membina sikap positif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksiperimental ( eksperimen semu). Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.1 (kelas ekspermen) dan kelas X.2 (kelas kontrol) berjumlah masing-masing 24 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data yang dilakukan Uji Normalitas menggunakan Uji lilifors, Uji Homogenitas dengan Uji Fisher, Uji Hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Dari penelitian ini diperoleh temuan bahwa integrasi nilai agama pada pembelajaran kimia berpengaruh positif meningkatkan tiga aspek yang terlibat dalam sikap siswa yaitu kognitif, afektif dan konatif. Dari hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 1.83 dan ttabel sebesar 1.711 hasil pengujian yang diperoleh menunjukkan bahwa thitung berada pada daerah penerimaan Ha, yaitu ttabel < thitung atau 1.711 < 1.83 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif integrasi nilai-nilai agama pada pembelajaran kimia terhadap sikap siswa. Kata kunci : pembelajaran kooperatif, integrasi nilai agama, sikap positif