strategi komunikasi public relations radio gen fm pada minat pemasang iklan
Main Author: | Umi Nur Atiyah |
---|---|
Other Authors: | Whidin Saputra |
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1345 |
Daftar Isi:
- i. 70 hal.; 22 cm.
- Dalam dunia radio juga tidak lepas dari peranan public relations yang merupakan unsur penting dalam struktur perusahaan khususnya perusahaan radio swasta seperti Gen FM. Secara komersil, atau sektor swasta dari setiap perekonomian, bidang public relations bertugas untuk menarik minat pemasang iklan untuk bergabung dengan perusahaannya. Tidak mudah bagi public relations sebuah stasiun radio dalam menarik minat pemasang iklan untuk bergabung, mengingat saat ini banyak sekali media massa yang lebih canggih dan lebih efisien dari radio. Televisi contohnya, media massa ini lebih banyak diminati oleh khalayak karena merupakan media massa audio visual. Berdasarkan uraian di atas penliti membatasi penelitian ini pada strategi komunikasi yang digunakan oleh public relations Radio Gen FM yang mencakup tugas promosi dari sales sebagai bagian dari public relations dalam menarik minat pemasang iklan. Dengan perumusan masalahnya sebagai berikut : Apa strategi komunikasi yang digunakan public relations dalam menarik minat pemasang iklan? Apakah strategi yang digunakan public relations Radio Gen FM sudah efektif? Adapun teori yang dapat menggambarkan proses penyampaian strategi komunikasi disini ialah teori divusi inovasi, teori yang pada dasarnya menjelaskan proses bagaimana suatu inovasi disampaikan (dikomunikasikan) melalui saluransaluran tertentu sepanjang waktu kepada sekelompok anggota dari sistim sosial. Teori ini digunakan sebagai alat pembedah dalam pembahasan strategi komunikasi public relations Radio Gen FM, apakah public relations Radio Gen FM berhasil atas strategi yang digunakan, untuk menarik minat pendengar dan pemasang iklan. Dalam penelitian ini peneliti meneliti tentang strategi komunikasi yang digunakan oleh public relations Radio Gen FM dalam menarik minat pemasang iklan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Tipe penelitian ini menggunakan tipe deskripsi analisis, yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun responden yang diwawancarai adalah Public Relations Gen FM. Dalam menarik minat pemasang iklan, Radio Gen FM melakukan beberapa jenis strategi komunikasi kepada pemasang iklan maupun pendngar. Strategi yang dilakukan Radio Gen FM diantaranya yaitu: strategi lewat programprogram yang banyak diminati pendengar, strategi membati jumlah iklan, strategi lewat event off air dan sponsoring serta strategi dengan menjaga citra positif dan menjalin hubungan baik dengan calon atau pemasang iklan. Dapat disimpulkan dari beberapa bentuk strategi komunikasi yang dilakukan oleh Radio Gen FM, yang menjadi dasar dari keseluruhan strategistrategi tersebut adalah dilakukanya risert dan inovasi. Keywords: strategi komunikasi, public relations, Radio Gen FM, pemasang iklan