Prestasi belajar fiqih MA manaratul Islam Cilandak Jkarta Selatan (analisis perbedaan antara siswa yang berasal dari MTS dan siswa yang berasal dari SMP)

Main Author: Aimmatul Hasanah
Other Authors: Ghufron Ihsan
Format: Bachelors
Terbitan: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1141
Daftar Isi:
  • i: 71 hal.; 24 cm
  • Pada jalur pendidikan formal terdapat pendidikan menengah pertama berbentuk SMP dan MTs. SMP lebih bersifat umum yang berada dibawah naungan Kementrian pendidikan Nasional. Sedangkan MTs bersifat khas agama Islam yang berada dibawah naungan Kementrian Agama. Perbedaan tersebut membawa pengaruh terhadap prestasi belajar siswa di MA dalam hal ini mata pelajaran Fiqih. Hal ini didasarkan pada suatu anggapan bahwa ”Siswa yang telah mengalami proses belajar akan ditandai dengan bertambahnya simpanan materi (pengetahuan dan pengertian) dalam memori serta meningkatnya kemampuan menghubungkan materi tersebut dengan situasi atau stimulus yang sedang ia hadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar Fiqih siswa yang berasal dari MTs dan siswa yang berasal dari SMP serta apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang berasal dari MTs dengan prestasi belajar siswa yang berasal dari SMP dengan cara membandingkan prestasi belajar mereka. Penelitian ini dilakukan di kelas satu Madrasah Aliyah Manaratul Islam Cilandak Jakarta Selatan tahun pelajaran 2009/2010 semester satu. Subyek penelitian ini adalah 24 siswa. Masing-masing 12 siswa berasal dari MTs dan 12 siswa berasal dari SMP. Dalam penelitian ini, desain yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif analisis dan dan analisis komparasional bivariat. Langkah awal melakukan pengolahan dan analisa data dari angket yang diperoleh dengan cara membuat prosentase setiap item pertanyaan. Kemudian nilai yang diperoleh dijumlahkan dengan nilai ujian tertulis dan nilai ujian praktek yang kemudian dicari rata-ratanya. Tahap berikutnya adalah mencari komparasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis komparasional tes ”t” yaitu dengan membandingkan nilai angket, ujian tertulis dan ujian praktek yang di cari rata-ratanya, antara siswa yang berasal dari MTs (X ) dan siswa yang berasal dari SMP (X ) Dari penelitian yang penulis lakukan, maka sampailah kepada penarikan kesimpulan bahwasanya ”Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar Fiqih siswa yang berasal dari MTs dan siswa yang berasal dari SMP”. Hal itu diketahui dengan jalan mengkonsultasikan harga ”t” yang tercantum pada tabel. Harga ”t” yang diperoleh dalam perhitungan yang telah dilakukan (1,339) lebih kecil dari pada harga ”t” yang tercantum pada tabel dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (2,07) maupun pada taraf signifikansi 1 % (2,82) Hal ini disebabkan karena beberapa faktor diantaranya minat dan motivasi belajar siswa yang berasal dari SMP tidak terlalu berbeda dengan minat dan motivasi belajar siswa yang berasal dari MTs. Hal ini merupaka faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Tenaga pendidik yang profesional dan berlatar belakang pendidikan pesantren, sekolah yang mempunyai mata pelajaran tambahan berupa mata pelajaran pendalaman agama dan lain-lain serta tempat tinggal siswa di pesantren merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.