Pengaruh pembelajaran partisipatif terhadap hasil belajar biologi: quasi eksperimen di SMA terpadu Darul 'Amal, Selajati, Sukabimi

Main Author: Febri Maswandi
Other Authors: Yanti Herlanti, Mahmud Siregar
Format: Bachelors
Terbitan: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1072
Daftar Isi:
  • ix, 106 hal.; 28 cm
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran partisipatif terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pre test-post test two group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Terpadu Darul Amal Sukabumi sebanyak 80 siswa yang terbagi kepada lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan kelas X-B sebagai kelas eksperimen dan kelas X-D sebagai kontrol dengan masing-masing kelas 19 siswa. Hasil uji-t (thitung [3,44] > ttabel [2,03], α 0,05) menunjukan hasil belajar siswa dengan menggunakan model partisipatif lebih tinggi daripada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model partisipatif. Model pembelajaran partisipatif yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah cukup efektif (n gain = 0,40). Pada penelitian ini, model pembelajaran partisipatif berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep tumbuhan.