IMPLEMENTASI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPA 1 DI SMA NEGERI 1 DUKUN KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Authors: | Cecilia Griseva Kusuma Dewi, Saefur Rochmat, S.Pd, MIR, Ph.D |
---|---|
Format: | |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FIS
, 2017
|
Online Access: |
http://library.fis.uny.ac.id/elibfis/index.php?p=show_detail&id=1888 |
Daftar Isi:
- IMPLEMENTASI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPA 1 DI SMA NEGERI 1 DUKUN KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017Cecilia Griseva KD. dan Saefur Rochmat, S.Pd., MIR., Ph.D.ABSTRAKKeaktifan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Dukun belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) bagaimana implementasi metode Everyone is a Teacher Here untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah, 2) apa sajakah kelebihan dan kendala implementasi metode Everyone is a Teacher Here pada pembelajaran sejarah.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis, S dan Taggart. R. yang terjadi dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dilakukan melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.Hasil dari penelitian ini adalah 1) pembelajaran sejarah dengan metode Everyone is a Teacher Here meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Dukun Kabupaten Magelang tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dapat dibuktikan melalui implementasi metode Everyone is a Teacher Here pada siklus I menunjukkan rata-rata angket sebesar 76.07%. Hasil ini telah melampaui indikator pencapaian yakni ?75%. Pada siklus II diperoleh rata-rata angket sebesar 81.27%, meningkat 5.2% dibandingkan dengan siklus I. Pada siklus II metode Everyone is a Teacher Here dikolaborasikan dengan pembagian kelompok dan media tambahan power point dapat meningkatkan keaktifan belajar secara lebih optimal. 2) Kelebihan implementasi metode Everyone is a Teacher Here yaitu siswa berani mengemukakan pendapat, aktif mendengarkan penjelasan guru, dan aktif bertanya ketika ada materi yang kurang dipahami, 3) kendala yang dihadapi yaitu menuntut waktu yang cukup panjang dalam implementasi metode Everyone is a Teacher Here.Kata Kunci: keaktifan belajar, Everyone is a Teacher Here, pembelajaran sejarah.