IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 1 SMK BATIK PERBAIK PURWOREJOTAHUN AJARAN 2012/2013

Main Authors: DIAN AYU LARASATI, Ani Widayati, M.Pd
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Pend. Ilmu Sejarah FIS UNY , 2013
Subjects:
Online Access: http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=979
http://library.fis.uny.ac.id/opac/lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/Cover_Skripsi.png
Daftar Isi:
  • Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bentuk kolaborasi. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan Interaksi Belajar Akuntansi siswa kelas X AK 1 SMK Batik Perbaik Purworejo tahun ajaran 2012/2013 melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif meliputi reduksi data, deskripsi data, dan verifikasi. Sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan dengan mencari persentase data kuantitatif yang diperoleh menggunakan rumus tertentu.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan Interaksi Belajar Akuntansi siswa kelas X AK 1 SMK Batik Perbaik Purworejo tahun ajaran 2012/2013. Hal tersebut didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan aspek Interaksi Belajar Akuntansi yang tercermin melalui aktivitas fisik siswa yang dapat diamati meliputi, menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, menjawab pertanyaan yang diajukan oleh kelompok lain, mengajukan pertanyaan kepada guru, mengajukan pertanyaan kepada kelompok lain, memberikan komentar atau tanggapan ketika diskusi kelas, berdiskusi dengan siswa lain dalam satu kelompok, ikut serta dalam mengerjakan tugas kelompok, dan membantu kesulitan yang dihadapi teman sekelompok. Perhitungan skor rata-rata Interaksi Belajar Akuntansi pada setiap siklus juga menunjukkan peningkatan. Skor rata-rata Interaksi Belajar Akuntansi yang dicapai pada siklus I adalah 69,94% dan pada siklus II diperoleh skor sebesar 84,05%. Secara keseluruhan peningkatan skor Interaksi Belajar Akuntansi yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 14,11%.Kata Kunci : Team Assisted Individualization, Interaksi Belajar Akuntansi, SMK Batik Perbaik Purworejo
  • xiv,81hlm.PDF