IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA FLANNELGRAPH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 3 SMK NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2012/2013
Main Authors: | Annisa Ratna Sari, S.Pd., M.S.Ed, Eti Yuniarti |
---|---|
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Pendidikan Akuntansi
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=978 http://library.fis.uny.ac.id/opac/lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/Cover_Skripsi.png |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom ActionResearch) yang bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansimelalui Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student TeamsAchievement Division (STAD) dengan Media Flannelgraph pada siswa kelas XAkuntansi 3 SMK Negeri 1 Depok tahun ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif dan partisipatif yangdilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan denganobservasi dan angket. Uji coba instrumen yang digunakan adalah uji validitas danuji reliabilitas menggunakan program computer SPSS versi 16.0 for windows.Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kuantitatif denganpersentase yang dilakukan dengan menghitung skor Motivasi Belajar Akuntansi,menyajikan data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Implementasi StrategiPembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD)dengan Media Flannelgraph dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansisiswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Depok tahun ajaran 2012/2013 yangdibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor Motivasi BelajarAkuntansi dari sebelum implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif TipeStudent Teams Achievement Division (STAD) dengan Media Flannelgraphsebesar 61,04% meningkat sebesar 16,79% menjadi 77,83% di siklus 1.Selanjutnya dari siklus 1 ke siklus 2 juga diperoleh skor sebesar 85,06% atauterjadi peningkatan sebesar 7,23%. Selain itu berdasarkan angket yangdidistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan pula bahwa terjadi peningkatanskor Motivasi Belajar Akuntansi siswa dari skor siklus 1 sebesar 73,25%meningkat sebesar 8,30%, sehingga diperoleh skor siklus 2 sebesar 81,55%.Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, STAD, Media flannelgraph, MotivasiBelajar Akuntansi.
- xiii,