IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN KAPAL PERANG UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI SEJARAH DI KELAS VIII A SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010-2011 SMP NEGERI 2 MOYUDAN

Main Authors: M. Nur Rokhman, M.Pd, Rohmat Widianto
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Pendidikan Sejarah , 2011
Subjects:
Online Access: http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=890
http://library.fis.uny.ac.id/opac/lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/Cover_Skripsi.png
Daftar Isi:
  • Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia salah satunya disebabkan oleh proses pembelajaran yang kurang efektif, dimana masih digunakannya metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah, sehingga peserta didik kurang berperan aktif selama kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran permainan Kapal Perang pada pelajaran IPS materi sejarah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 2 Moyudan, untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran permainan Kapal Perang dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi sejarah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 2 Moyudan, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran permainan Kapal Perang di SMP Negeri 2 Moyudan. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian CAR (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Proses pengambilan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan test hasil belajar. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi, yang terdiri dari triangulasi sumber data dan metode. Dalam analisis data yaitu menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran Kapal Perang diawali dengan pembentukan kelompok dengan masing-masing kelompok memiliki satu ketua kelompok. Setiap kelompok bertugas membuat soal, kemudian antar kelompok memberikan pertanyaan pada kelompok lain. Bagi kelompok yang menjawab pertanyaan dengan salah, maka kelompok yang memberikan pertanyaan berhak mengambil satu anggota kelompok yang salah. Hasil penelitian ini menujukkan adanya peningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 2 Moyudan. Pada siklus I prestasi peserta didik meningkat 0.55, siklus II meningkat 0.71, dan pada siklus III meningkat 1.5. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan model permainan pembelajaran Kapal Perang yaitu situasi kelas yang menjadi ramai ketika dilakukan model ini sehingga dapat mengganggu kelas lain, peserta didik kesulitan dalam pembuatan soal bila tidak menggunakan bahan bacaan, pada siklus III memerlukan waktu cukup banyak untuk mempresentasikan hasil diskusi peserta didik di depan kelas. Komunikasi yang jelas antara guru dan peserta didik, karena metode ini memerlukan beberapa tahap.Kata Kunci : Prestasi belajar dan pembelajaran permainan Kapal Perang
  • xv,86hlm.;PDF