PENERAPAN PERMAINAN DART UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MA AL FALAAH LEKISREJO OGAN KOMERING ULU SUMATERA SELATAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Main Authors: HARMANTO, M. Nur Rokhman, M.Pd
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Pendidikan Sejarah , 2012
Subjects:
Online Access: http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=864
http://library.fis.uny.ac.id/opac/lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/Cover_Skripsi.png
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran sejarah di MA Al Falaah Lekisrejo didominasi denganmodel belajar ceramah, dan kurang menerapkan model pembelajaran. Hal inisangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, guru harusmulai menggunakan model-model pembelajaran yang merangsang keaktifan siswadalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahuibagaimana meningkatkan prestasi siswa dengan penerapan permainan Dart, (2)untuk mengetahui kendala yang dihadapi pada penerapan permainan Dart, (3)untuk mengetahui kelebihan yang dihadapi pada penerapan permainan Dart.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) denganpendekatan kuantitatif yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus mencakupperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalampenelitian ini berasal dari guru dan siswa. Proses pengambilan data dalampenelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan test hasil belajar.Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi, yang terdiridari triangulasi sumber data dan metode. Analisis data menggunakan analisiskuantitatif.Pelaksanaan pembelajaran menggunakan permainan Dart yaitu kegiatanpembelajaran bertukar informasi dengan cara diskusi kelompok dimana masingmasingkelompok mendapatkan materi yang dibahas dari melempar anak Dartkemudian mempersentasikan didepan kelas. Penggunaan pembelajaran ini dapatmeningkatkan prestasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan yang terjadipada setiap siklusnya. Pada siklus I, prestasi belajar siswa meningkat sebesar 1.17poin atau 11.7%. Pada siklus II meningkat sebesar 1.41 atau 11.41 poin. Padasiklus III meningkat sebesar 2.07 poin atau 20.7%. Kendala yang dihadapi selamapenelitian ini adalah masih ada siswa yang ramai dengan pelaksanaan permainanDart. kekurangan waktu pada proses pembelajaran siklus II dan III dilaksanakan,dengan penambahan Tanya jawab yang dilakukan guru kepada siswa maupunsiswa kepada siswa yang lainnya. Hal ini terjadi karena dalam pemberian Tanyajawab ada perdebatan jawaban pendapat dari pemberi dan penererima pertanyaan.Siswa kelas XI IPS MA Al Falaah Lekisrejo jarang melakukan persentasi jadipada awal penelitian yaitu pada siklus I diskusi dan persentasi masih kurangkondusif,. Kelebihannya adalah teknik pembelajaran menjadi menyenangkan,siswa semangat, prestasi belajar meningkat.Kata kunci: Penerapan permainan Dart, prestasi belajar, MA Al Falaah Lekisrejo,Ogan Komering Ulu Sumatra Selatan.
  • xvi,85hlm.;PDF