STRATEGI BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMAN 1 KERUAK LOMBOK TIMUR

Main Author: Miftahurrahman
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Pend. Geografi , 2011
Subjects:
Online Access: http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=841
http://library.fis.uny.ac.id/opac/lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/Cover_Skripsi.png
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengunaan strategi bertanya dan menjaawab pertanyaan dengan model koopratif untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa di SMA Negeri 1 Keruak di kelas Xe. Penelitian ini melibatkan guru, kepala sekolah, dan peneliti sejak dilakukan Dialog awal, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/monitoring, refleksi, evaluasi, dan revisi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, tes, dan analisis dokumen. Data mengenai hasil belajar siswa diperoleh melalui tes, kemudian dibandingkan dengan standar minimal. Menjadi kriteria peningkatan yaitu ≥ 75% hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran. Data mengenai aktivitas siswa diperoleh melalui lembar observasi. Kemudian dianalisis secara kualitatif dengan membandingkan kondisi aktivitas siswa dalam belajar antara siklus 1dengan siklus lainnya. Berdasarkan analisis deskriftif, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi giving questions and getting answers dengan model koopratif teknik jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa di SMA Negeri 1 Keruak di kelas Xe dapat meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dan meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kelas. Berdasarkan hasil tes yang diberikan pada akhir siklus 3, diperoleh 78,37% hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran. Perolehan tersebut telah melebihi standar minimal yaitu: 75% sebagai kriteria keberhasilan tindakan. Dengan demikian, dapat disumpulkan bahwa metode strategi giving questions and getting answers dengan model koopratif teknik jigsaw berhasil meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.Kata kunci: strategi bertanya dan menjaawab pertanyaan, model koopratif teknik jigsaw, hasil belajar dan aktivitas siswa.
  • xiii,104hlm.;PDF