PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SEMESTER 1 SMA NEGERI 2 BANTUL
Main Author: | Rahmat Fitriantoro |
---|---|
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PKNH FIS UNY
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=828 http://library.fis.uny.ac.id/opac/lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/Cover_Skripsi.png |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi aktif siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Bantul dengan menggunakan metode pembelajaran metode Mind Mapping dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Pkn.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), yaitu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktek pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Bantul yang berpartisipasi aktif dalam mata pelajaran Pkn. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dari hasil lembar observasi partisipasi aktif menggunakan statistik deskriptif.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Mind Mapping pada mata pelajaran Pkn dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa. Hal ini terbukti dari hasil observasi peningkatan partisipasi aktif siswa pada siklus III. Pada siklus I dan II dalam aspek yang diamati nilai rata-ratanya berjumlah 13,5 dan 17,75 sedangkan pada siklus III berjumlah 27.
- xiv,67hlm.;PDF