PELAKSANAAN PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL PADA ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PAUD PERMATA BUNDA II KALIURANG YOGYAKARTA
Main Author: | Wulan Sari Budiyati |
---|---|
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PKNH FIS UNY
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=677 http://library.fis.uny.ac.id/opac/lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/Cover_Skripsi.png |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pelaksanaan penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini di lembaga PAUD Permata Bunda II Kaliurang Yogyakarta. Penelitian ini bermanfaat untuk menambah khasanah pengetahuan moral khususnya tentang moral anak usia dini serta menambah pengetahuan tentang penanamannya terhadap anak usia dini.Subjek dalam penelitian ini adalah ketua lembaga PAUD Permata Bunda II, keempat orang guru di PAUD Permata Bunda II, dan 15 orang tua siswa yang putra-putrinya mengikuti pendidikan di Permata Bunda II. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penanaman nilai-nilai moral pada anak usia dini di lembaga PAUD Permata Bunda II Kaliurang Yogyakarta dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran dengan metode: bermain, bercerita, bernyanyi, pemberian tugas, bercakap-cakap, dan demonstrasi. Kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah ibu Menuk Sayekti selaku ketua lembaga dengan menggunakan sarana dan prasarana milik pribadi. Kegiatan pembelajaran dilaksananan 3 x dalam satu minggu, yakni pada hari Senin pukul 08.00 WIB, serta Rabu dan Sabtu pada sore hari pukul 15.00 WIB. PAUD Permata Bunda II merupakan sekolah gratis. Selama ini biaya operasional berasal dari dana bantuan APBD. Pendidik di Permata Bunda II rata-rata hanya berpendidikan SLTA. Selama mengabdi tidak ada insentif atau uang lelah yang diterima. Walaupun tanpa insentif, tetapi pendidik tetap bekerja dengan sungguh-sungguh, datang tepat waktu, sabar dan selalu berusaha menciptakan pembelajaran yang menarik dan kreatif. Mereka berpedoman bahwa apa yang mereka lakukan saat ini adalah tabungan di akhirat kelak. Nilai-nilai moral yang diajarkan adalah nilai moral dalam hubungannya dengan Tuhan, dalam hubungannya dengan keluarga, dalam hubungannya dengan masyarakat dan nilai moral dalam hubungannya dengan makhluk lain. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan penanaman nilai-nilai moral di lembaga PAUD Permata Bunda II telah berhasil. Banyak hambatan-hambatan yang dihadapi di dalam pelaksanaan pembelajaran, seperti terbatasnya media serta sarana dan prasarana pembelajaran, terbatasnya dana, serta sikap anak yang hiperaktif. Namun berkat dukungan dari lembaga baik moril maupun materiil, dukungan orang tua baik dirumah maupun di lembaga, serta lokasi yang strategis, akhirnya keberhasilan tersebut dapat dicapai.
- xvi,100hlm.;PDF