PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP SE-KECAMATAN NGUTER TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: Ageng Rizki
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: PKNH FIS UNY , 2011
Subjects:
Online Access: http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=674
http://library.fis.uny.ac.id/opac/lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/Cover_Skripsi.png
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan lingkungan sekolah terhadap kecerdasan emosional (EQ) dalam pembelajaran PknPopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N Se-kecamatan Nguter yaitu sebanyak 765 siswa. Sampel sebanyak 238 siswa yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Sebelum digunakan, intrumen diujikan kepada 60 siswa yang tidak terpilih sebagai sampel. Uji validitas digunakan rumus Product Moment yang dilakukan koreksi dengan menggunakan rumus Part Whole Correlation. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap kecerdasan (EQ) dalam pembelajaran Pkn dan pengaruh lingkungan sekolah terhadap kecerdasan (EQ) dalam pembelajaran Pkn di gunakan teknik analisis Product Moment dan Korelasi Parsial, sedangkan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap kecerdasan emosional (EQ) dalam pembelajaran Pkn digunakan teknik analisis regresi ganda dengan signifikansi 5%.Berdasarkan hasil analisis statistik dapat disimpulkan (1). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap kecerdasan emosional (EQ) dalam pembelajaran Pkn, dibuktikan hasil perhitungan Product Moment dengan nilai rhitung > rtabel pada N= 765 (0,259 > 0,138) dan p rtabel (0,209 > 0,138) dan p rtabel pada N= 765 (0,243 > 0,138) dan nilai p rtabel (0,188 > 0,138) dan nilai p F tabel (13,062 >3,034) dan p
  • 71hlm.;PDF