HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR PKN DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA DENGAN KESADARAN HUKUM SISWA KELAS XI SMA NEGERI SE-KABUTATEN KULON PROGO

Main Author: Ika Yuni Setyani
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: PKNH FIS UNY , 2011
Subjects:
Online Access: http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=664
http://library.fis.uny.ac.id/opac/lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/Cover_Skripsi.png
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan prestasi belajar PKn dengan kesadaran hukum siswa. (2) hubungan prestasi belajar Pendidikan Agama dengan kesadaran hukum siswa. (3) hubungan secara bersama-sama antara prestasi belajar PKn dan prestasi belajar Pendidikan Agama dengan kesadaran hukum siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas, yaitu prestasi belajar PKn dan prestasi belajar Pendidikan Agama, dan satu variabel terikat, yaitu kesadaran hukum siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 1993 siswa. Dengan menggunakan teknik pengambilan sample Cluster Random Sampling, ukuran sampel penelitian ditentukan menggunakan tabel dari Kreijiec dan Morgan dengan taraf signifikan 5%, maka diperoleh sampel penelitian sebesar 297 siswa. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi dan angket. Dokumentasi untuk mengungkap data tentang prestasi belajar PKn dan prestasi belajar Pendidikan Agama, sedangkan angket untuk mengungkap data tentang kesadaran hukum siswa. Dalam penelitian ini uji coba instrument dilakukan untuk menguji validitas dan reliabilitas dari angket kesadaran hukum siswa. Uji validitas menggunakan koefisien korelasi product moment dan dikorelasikan dengan Part Whole Correlation. Adapun reliabilitas kuesioner diukur berdasarkan koefisien reliabilitas Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis, meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Uji normalitas menggunakan teknik analisis Kolmogorov Smirnov, sedangkan uji linearitas menggunakan regresi linier sederhana. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus korelasi product moment untuk menguji hipotesis pertama dan hipotesis kedua. Sedangkan hipotesis ketiga menggunakan analisis koefisien korelasi ganda dua prediktor.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Ada hubungan positif dan signifikan antara prestasi belajar PKn dengan kesadaran hukum siswa, dimana r hitung 0.333, lebih besar dari r tabel 0.143 pada taraf signifikansi 5% dan N = 297. (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar Pendidikan Agama dengan kesadaran hukum siswa, dimana r hitung 0.346, sedangkan r tabel pada taraf signifikansi 5% dan N = 297 adalah sebesar 0.143. (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar PKn dan prestasi belajar Pendidikan Agama dengan kesadaran hukum siswa. Hal ini dibuktikan dengan analisis regresi ganda dua prediktor yang menunjukkan angka F regresi hitung sebesar 17.293, sedangkan F tabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 2/295 adalah 3.045, ini berarti harga F hitung lebih besar dari pada F tabel (17.293 > 3.045).
  • 98hlm.;PDF