Pengantar Filsafat
Main Author: | Louis, Kattsof |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PT Tiara Wacana
, 1970
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=4757 http://library.fis.uny.ac.id/opac/lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/560099_448069161871861_776240839_n.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Dewasa ini kita banyak mendengar tentang pendidikan yang bebas dan kebutuhan pendangan yang luas. Pada hakekatnya apakah yang tersangkut dalam hal ini? Sesungguhnya, banyak pendidikan dewasa ini didasarkan atas suatu pendangan dunia yang mengatakan bahwa pencarian nafkah merupakan kebaikan tertinggi. Menghasilkan seorang ahli yang cakap, terlampau sering menjadi tujuan pendidikan yang hendak kita capai. Kita mendidik para ahli di bidang kedokteranuntuk menjadikan diri kita lebih sehat, demikian pula di bidang lainnya. Tetapi sayang, kita cenderung lalai mendidik ahli-ahli yang dapat menjdikan kita lebih bijaksana. Tujuan pendidikan yang demikian ini menyebabkan para hali terebut tidak dapat membuat kita menjadi lebih bijaksana. Mereka banyak dapat mengejarkan kepada kita "bagaimana cara berbuat" (know how) tetapi bukanya "mengapa berbuat demikian (know why)". Untuk mengetahui mengapa orang berbuat, seseorang perlu memperoleh pendidikan khusus yang dapat membekali analisis yang kritis dan kecakapan bersintesis dalam memberikan tangapan-tanggapan. Tetapi disamping itu "mengapa berbuat demikian" hanya dapat diperoleh melalui proses yang bertentangan dengan pendidikan keahlian yang memusatkan perhatian kepada hal-hal yang khusus. Proses tersebut adalah penyusunan suatu pandangan dunia berupa sintesa, yang menjadikan "mengapa berbuat" mengandung makna suatu sitesa prinsip-prinsip yang paling utama di segala cabang pengetahuan.
- xxii + 488 hlm