HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENERAPKAN PRINSIPPRINSIP KERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 WONOSARI TAHUN 2010/2011
Main Authors: | Isyana Kurniawati, Suranto A.W, M.Pd, M.Si |
---|---|
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Pend. ADP
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=1026 http://library.fis.uny.ac.id/opac/lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/Cover_Skripsi.png |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesiapan belajar danpemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar menerapkan prinsip-prinsip kerjasamadengan kolega dan pelanggan siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Wonosari tahun2010/2011.Penelitian ini adalah penelitian Ex post facto, populasi dalam penelitian iniadalah siswa Kelas X kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1Wonosari yang berjumlah 71 siswa. Pengumpulan data kesiapan belajar danpemanfaatan sumber belajar dilakukan dengan metode angket sedangkan data hasilbelajar diperoleh dari data sekunder nilai rata-rata ulangan standar kompetensimenerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan. Uji cobainstrumen dilaksanakan pada 36 siswa kelas X kompetensi keahlian AdministrasiPerkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasiProduct Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus AlphaCronbach. Untuk mengetahui hubungan antara kesiapan belajar dan pemanfaatansumber belajar dengan hasil belajar digunakan teknik analisis korelasi Product Moment.Sedangkan untuk mengetahui hubungan kesiapan belajar dan pemanfaatan sumberbelajar secara bersama-sama dengan hasil belajar digunakan teknik analisis korelasiganda. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 1%.Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) adahubungan positif dan signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajarmenerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan siswa kelas Xadministrasi perkantoran SMK Negeri 1 Wonosari yang ditunjukkan dengan r hitung =0,442 > r tabel = 0,306; (2) ada hubungan positif dan signifikan antara pemanfaatansumber belajar dengan hasil belajar menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengankolega dan pelanggan pelanggan pelanggan siswa kelas X administrasi perkantoranSMK Negeri 1 Wonosari yang ditunjukkan dengan r hitung = 0,468 > r tabel = 0,306;(3) ada hubungan positif dan signifikan antara kesiapan belajar dan pemanfaatan sumberbelajar secara bersama-sama dengan hasil belajar menerapkan prinsip-prinsip kerjasamadengan kolega dan pelanggan pelanggan siswa kelas X administrasi perkantoran SMKNegeri 1 Wonosari ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) 0,560 dan koefisiendeterminasi (R2) sebesar 0,313, F hitung = 15,524 > F tabel = 4,93.