PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI ETIKA SEKRETARIS KELAS X AP 1 DI SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2011/2012
Main Authors: | Daniatun, Rosidah, M.Si |
---|---|
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Pend. ADP
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=1024 http://library.fis.uny.ac.id/opac/lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/Cover_Skripsi.png |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan prestasi belajar siswa pada Standar Kompetensi Etika Sekretaris Kelas X Adminstrasi Perkantoran 1 SMK Negeri 1 Godean melalui penerapan metode simulasi.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) penerapan metode simulasi dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. Peningkatan partisipasi belajar dapat dilihat melalui keterlibatan dalam kegiatan diskusi pada siklus I sebesar 72,22% meningkat menjadi 94,44% pada siklus II. Partisipasi dalam mengajukan pertanyaan pada siklus I sebesar 16,67% meningkat menjadi 33,33% pada siklus II. Partisipasi dalam menjawab pertanyaan siklus I sebesar 33,33% meningkat menjadi 44,44% pada siklus II. Partisipasi dalam memberi tanggapan meningkat pada siklus I sebesar 8,33% meningkat 22,22% pada siklus II. Partisipasi kerjasama dalam kelompok siklus I sebesar 61,11% meningkat menjadi 91,67% pada siklus II. (b) penerapan metode simulasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 81,27 meningkat menjadi 87,36 pada siklus II.Kata kunci: Metode Simulasi, Partisipasi Belajar , Prestasi Belajar