IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Main Author: Masnun, Moh.; IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: IAIN Syekh Nurjati Cirebon , 2015
Online Access: http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/190
http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/190/174
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSalah satucara untuk membangkitkan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran adalah dengan mengganti cara/pendekatan pembelajaran yang selama ini tidak diminati lagi oleh peserta didik, seperti pembelajaran yang dilakukan dengan ceramah dan tanya-jawab, pendekatan pembelajaran ini membuat peserta didik jenuh dan tidak kreatif. Suasana belajar mengajar yang diharapkan adalah menjadikan peserta didik sebagai subjek yang berupaya menggali sendiri, memecahkan sendiri masalah-masalah dari suatu konsep yang dipelajari, sedangkan guru lebih banyak bertindak sebagai motivator dan fasilitator. Situasi belajar yang diharapkan disini adalah peserta didik yang lebih banyak berperan (kreatif).Pendekatan pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta didik dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluargadan masyarakat. Dengan konsep itu ,hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi peserta didik.Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Aktifitas, Peserta Didik