Aksiologi esports sebagai olahraga non fisik di Indonesia
Main Authors: | Wali, Carles Nyoman, Widiyanto, Widiyanto |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Nusantara PGRI Kediri
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/14926 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/14926/1838 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/14926/1839 |
Daftar Isi:
- Aksiologi esports merupakan suatu studi yang mempelajari tentang nilai-nilai yang terkandung dalam olahraga non fisik di Indonesia untuk meningkatkan karakter para pemain e-sports di dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai tersebut memiliki unsur olahraga, sosial, kesehatan, ekonomi, pendidikan, prestasi, dan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap permainan esports sebagai olahraga non fisik di dalam pandangan aksiologi. Metode dalam penelitian ini adalah survei menggunakan instrumen kuesioner. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah peminat esports yang terbagi dalam 3 Provinsi yaitu Nusa Tenggara Timur, Yogyakarta, dan Sulawesi Utara yang berjumlah 650 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar subyek memiliki persepsi yang positif terhadap nilai-nilai yang terdapat dalam permainan esports sebagai olahraga non fisik di Indonesia yaitu kategori sangat baik dengan persentase terbesar dari seluruh pilihan jawaban instrumen berada pada kriteria Sangat Setuju (SS) yaitu 32.74%, Setuju (S) 27.8%; kriteria Netral (N) 24.0%; dan kriteria Tidak Setuju (TS) 16.3%. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah cakupan Wilayah/Provinsi yang penulis jadikan sebagai pengambil sampel.
- Esports Axiology is a study that studies the values contained in non-physical sports in indonesia to improve the character of esports players in daily life. These values have elements of Sports, Social, Health, Economics, Education, Achievement, and Knowledge. This research aims to know the public's perception of esports games as a non-physical sport in the view of Axiology. The method in this study is a survey using questionnaire instruments. The population in this study is Indonesia people who are divided into 3 provinces namely East Nusa Tenggara, Yogyakarta, and North Sulawesi. This research technique uses sampling probality which is a sampling technique that provides equal opportunities or opportunities for each element or member of the population to be selected into a sample of 650 people. The analysis technique used is quantitative descriptive that is poured in percentage form. The results in the study showed that most subjects had a positive perception of the values found in esports games as a non-physical sport in Indonesia which is the category of Excellent with the largest percentage of all instrument answer options being on the criteria of Highly Agree (SS) which is 32.74%, Agree (S) 27.8%; Neutral criteria (N) 24.0%; and 16.3% Disagree (TS) criteria.