Kontribusi motor educability terhadap kemampuan senam ritmik alat simpai pada siswa sekolah dasar
Main Authors: | Sahabuddin, Sahabuddin, Hakim, Hikmad, Syahruddin, Syahruddin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Nusantara PGRI Kediri
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/14564 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/14564/1696 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kontribusi motor educability terhadap kemampuan senam ritmik alat simpai pada siswa. Penelitian ini adalah metode deskriptif korelatif. Populasinya adalah siswa SD se-Kota Makassar dengan sampel dari 14 kecamatan diambil tiap sekolah sebagai perwakilan kecamatan sebanyak 10 orang siswa putri, secara keseluruhan sampel berjumlah 140 orang siswa putri dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes dengan 8 item tes pemanduan bakat senam dan senam ritmik simpai menggunakan panduan instrumen tes Federation Internasional de Gymnastique (FIG). Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik korelasi dan regresi pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil pengujian analisis korelasi dan regresi data motor educability terhadap kemampuan senam ritmik alat simpai pada siswa SD se-Kota Makassar diperoleh nilai regresi (Ro) 0,222 dengan tingkat probabilitas (0,000) < a 0,05, untuk nilai R Square (koefesien determinasi) 0,049. Maka motor educability benar-benar berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan senam ritmik alat simpai. Pada penelitian ini terbatas pada alat simpai, diharapkan dalam penelitian kedepan senam ritmik menggunakan alat-alat yang lain.
- This study aims to determine the contribution of motor educability on the ability of students’ rhythmic gymnastics using sport hoop. This research uses descriptive correlative method. The population is elementary school students in Makassar with sample taken from 10 sub-districts in which 10 female students become each sub-district representatives. Hence, the sample consists of 140 female students selected with cluster random sampling technique. The instruments used are 8 item test of gymnastics talent scouting and hoop rhythmic gymnastics using federation internasional de Gymnastique (FIG) test instrument guide. The data analysis technique used is statistical correlation and regression at a significant level of 5%. Based on the results of the correlation analysis and motor educability data regression testing on the rhythmic gymnastics ability with sport hoop in elementary school students in Makassar, the regression value (Ro) is 0.222 with a probability level (0.000) < 0.05, for the value of R Square (coefficient of determination) 0.049. It can be concluded that motor educability really has a significant effect on the ability of rhythmic gymnastics using sports hoop. This research object is limited in analyzing sport hoop, so further research on rhythmic gymnastics may apply other sport media.