Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran DI (Direct Instruction) Dengan Media Visual Berbantuan Komputer

Main Author: wintarti, wintarti
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: UNIVERSITAS PGRI MADIUN , 2017
Subjects:
Online Access: http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/PE/article/view/1161
http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/PE/article/view/1161/1128
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran DI (Direct Instruction) dengan media visual berbantuan komputer pada siswa kelas V SDN Sukolilo 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa dan dilakukan secara kolaboratif dengan guru SDN Sukolilo 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran DI (Direct Instruction) dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa. Hal ini terbukti dengan siswa yang mendapat nilai sama atau lebih tinggi dari KKM 70,00 meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai rata-rata kelas 72,3. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar rata-rata kelas meningkat 84,8