KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS ROWOSARI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG

Main Authors: Widowati, Nina; Departemen Administasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, Septiana, Septiana; Departemen Administasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro , 2016
Subjects:
Online Access: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/11890
http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/11890/11544
Daftar Isi:
  • Kualitas pelayanan merupakan salah satu ukuran untuk menilai pelayanan publik. Puskesmas Rowosari merupakan unit pelaksana tingkat pertama dalam memberikan pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya. Tujuan dari penelitian ini untuk menilai sejauh mana kualitas pelayanan kesehatan di Puskesms Rowosari serta untuk mengidentifikasi dimensi yang menghambat dan mendukung kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Rowosari dengan menggunakan dimensi Tangibles, Reliability, Responsivess, Assurance dan Emphaty. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum Puskesmas Rowosari telah memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakatnya, meskipun dalam memberikan pelayanan masih ada dimensi yang belum berjalan optimal, yaitu dimensi tangibles dan dimensi reliability.