تطوير مادة تعليم مهارة الكلام على المنهج النحوي بمعهد دار الفلاح الإسلامي باتو جاوى الشرقية

Main Author: Ulfa Lubis, Maria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ar
Terbitan: , 2014
Online Access: http://etheses.uin-malang.ac.id/8251/1/12720034.pdf
http://etheses.uin-malang.ac.id/8251/
ctrlnum 8251
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.uin-malang.ac.id/8251/</relation><title>&#x62A;&#x637;&#x648;&#x64A;&#x631; &#x645;&#x627;&#x62F;&#x629; &#x62A;&#x639;&#x644;&#x64A;&#x645; &#x645;&#x647;&#x627;&#x631;&#x629; &#x627;&#x644;&#x643;&#x644;&#x627;&#x645; &#x639;&#x644;&#x649; &#x627;&#x644;&#x645;&#x646;&#x647;&#x62C; &#x627;&#x644;&#x646;&#x62D;&#x648;&#x64A; &#x628;&#x645;&#x639;&#x647;&#x62F; &#x62F;&#x627;&#x631; &#x627;&#x644;&#x641;&#x644;&#x627;&#x62D; &#x627;&#x644;&#x625;&#x633;&#x644;&#x627;&#x645;&#x64A; &#x628;&#x627;&#x62A;&#x648; &#x62C;&#x627;&#x648;&#x649; &#x627;&#x644;&#x634;&#x631;&#x642;&#x64A;&#x629;</title><creator>Ulfa Lubis, Maria</creator><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Pengembanganbahan ajar yang esuai dengan kebutuhan siswa merupakan upaya untuk memberikan kemudahan belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dengan pendekatan nahwu dan untuk mengetahui keefektifan buku ajar tersebut dalam meningkatkan kelancaran berbicara dan pengucapan yang benar dalam berbahasa arab.&#xD; &#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan( R&amp; D) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini secara umum terbagi dalam tiga tahap: tahap mendesain bahan ajar, tahap validasi ahli( ahliisi dan desain) dan uji lapangan.&#xD; &#xD; Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) bahan ajar dengan pendekatan Nahwu untuk kelas Tiga Tsanawiyah terdiri atas: sampul buku, kata pengantar, petunjuk penggunaan buku, daftarisi, cover tiap bab, 4 judul pelajaran ( susunan kalimat tunjuk, susunan kalimat heranatauta&#x2019;jub, susunan kalimat lebih dari atau perbandingan, susunan kalimat mintabantuan.) (2) penggunan bahan ajar dengan penggunaan buku ajar dengan pendekatan Nahwu efektif untuk meningkatkan kelancaran berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji T yang menyebutkan T lebih besar dari standar nilai yang ada.&#xD; &#xD; &#xD; ABSTRACT&#xD; &#xD; The development of material which is suitable with student&#x2019;s need is an effort to facilitate learning process and improve learning quality. This research aims to provide teaching material using nahwu approach and to find out its effectiveness to improve Arabic speaking fluency and pronunciation correctness.&#xD; &#xD; It is a research and development (R&amp;D) using qualitative and quantitative approaches. The development procedure in this research consists of three stages: material design, expert validation, and try out.&#xD; &#xD; The results of this research are (1) Teaching material using nahwu approach for third grade of islamic junior high school consist of: cover, preface, how to use the book, table of content, cover for each chapter, four units (the structure of ism isyarah, Ta&#x2019;ajjub, Tafdil, isti&#x2019;anah. (2) The use of teaching material using nahwu approach is effective to improve students&#x2019; speaking fluency. The result of T test shows that the T score is higher than the existing standard value</description><date>2014-04-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ar</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>http://etheses.uin-malang.ac.id/8251/1/12720034.pdf</identifier><identifier> Ulfa Lubis, Maria (2014) &#x62A;&#x637;&#x648;&#x64A;&#x631; &#x645;&#x627;&#x62F;&#x629; &#x62A;&#x639;&#x644;&#x64A;&#x645; &#x645;&#x647;&#x627;&#x631;&#x629; &#x627;&#x644;&#x643;&#x644;&#x627;&#x645; &#x639;&#x644;&#x649; &#x627;&#x644;&#x645;&#x646;&#x647;&#x62C; &#x627;&#x644;&#x646;&#x62D;&#x648;&#x64A; &#x628;&#x645;&#x639;&#x647;&#x62F; &#x62F;&#x627;&#x631; &#x627;&#x644;&#x641;&#x644;&#x627;&#x62D; &#x627;&#x644;&#x625;&#x633;&#x644;&#x627;&#x645;&#x64A; &#x628;&#x627;&#x62A;&#x648; &#x62C;&#x627;&#x648;&#x649; &#x627;&#x644;&#x634;&#x631;&#x642;&#x64A;&#x629;. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. </identifier><recordID>8251</recordID></dc>
language ar
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ulfa Lubis, Maria
title تطوير مادة تعليم مهارة الكلام على المنهج النحوي بمعهد دار الفلاح الإسلامي باتو جاوى الشرقية
publishDate 2014
url http://etheses.uin-malang.ac.id/8251/1/12720034.pdf
http://etheses.uin-malang.ac.id/8251/
contents ABSTRAK Pengembanganbahan ajar yang esuai dengan kebutuhan siswa merupakan upaya untuk memberikan kemudahan belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dengan pendekatan nahwu dan untuk mengetahui keefektifan buku ajar tersebut dalam meningkatkan kelancaran berbicara dan pengucapan yang benar dalam berbahasa arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan( R& D) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini secara umum terbagi dalam tiga tahap: tahap mendesain bahan ajar, tahap validasi ahli( ahliisi dan desain) dan uji lapangan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) bahan ajar dengan pendekatan Nahwu untuk kelas Tiga Tsanawiyah terdiri atas: sampul buku, kata pengantar, petunjuk penggunaan buku, daftarisi, cover tiap bab, 4 judul pelajaran ( susunan kalimat tunjuk, susunan kalimat heranatauta’jub, susunan kalimat lebih dari atau perbandingan, susunan kalimat mintabantuan.) (2) penggunan bahan ajar dengan penggunaan buku ajar dengan pendekatan Nahwu efektif untuk meningkatkan kelancaran berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji T yang menyebutkan T lebih besar dari standar nilai yang ada. ABSTRACT The development of material which is suitable with student’s need is an effort to facilitate learning process and improve learning quality. This research aims to provide teaching material using nahwu approach and to find out its effectiveness to improve Arabic speaking fluency and pronunciation correctness. It is a research and development (R&D) using qualitative and quantitative approaches. The development procedure in this research consists of three stages: material design, expert validation, and try out. The results of this research are (1) Teaching material using nahwu approach for third grade of islamic junior high school consist of: cover, preface, how to use the book, table of content, cover for each chapter, four units (the structure of ism isyarah, Ta’ajjub, Tafdil, isti’anah. (2) The use of teaching material using nahwu approach is effective to improve students’ speaking fluency. The result of T test shows that the T score is higher than the existing standard value
id IOS3713.8251
institution Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 114
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
library_id 504
collection Etheses UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
repository_id 3713
subject_area Islam/Agama Islam
Science and Religion/Sains, Ilmu Pengetahuan dan Agama
Engineering/Ilmu Teknik
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3713
first_indexed 2017-10-20T00:37:49Z
last_indexed 2022-10-21T08:52:25Z
recordtype dc
_version_ 1763305078360375296
score 17.538404