تكوين بيئة اللغة العربية لتوقية مهارة الكلام في معهد دار السعادة بماىنج: دراسة وصفية تقويمية

Main Author: Muchsin Bin Agil, Idrus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ar
Terbitan: , 2013
Online Access: http://etheses.uin-malang.ac.id/8149/1/11720063.pdf
http://etheses.uin-malang.ac.id/8149/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mengembangkan empat keterampilan dalam pembelajaran bahasa (mendengar, berbicara, membaca dan menulis) butuh lingkungan berbahasa arab untuk mampu membantunya. Hal tsb bukan satu atau dua jam dalam sepekan di kelas. Pondok pesantren Darussa'adah termasuk salah satu pondok pesantren yang membuat lingkungan berbahasa arab. Rumusan masalahnya adalah : bagaimana peran lingkungan bahasa arab dalam meninggkatkan keterampilan berbicara pelajar di pondok pesantren Darussa'adah? Bagaimana bentuk lingkungan bahasa arab di pondok pesantren Darussa'adah? Bagaimana kesempurnaan lingkungan bahasa arab di pondok pesantren Darussa'adah?. Metodologi penelitian ini adalah metode kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif evaluatif. Hasil penelitian ini adalah : pemerolehan pelajar keterampilan berbicara dipengaruhi dua faktor; internal dan eksternal. Bentuk lingkungan bahasa arab di pondok pesantren Darussa'adah dibuat sesuai dengan lingkungan alami tetapi masih tidak berjalan seperti yang diharapkan. Lingkungan bahasa arab di pondok pesantren Darussa'adah mengkristal pada beberapa kegiatan kebahasan di kelas dan di luar kelas. ABSTRACT Improve the four language skills (listening, speaking, reading and writing) needed in the Arabic language environment that will help. Islamic Boarding Schools which has established arabic language environment is the Islamic boarding school "Darussa'adah" Malang. The formulation of the problem are: 1)What is the role of enviromental and Arabic in improving the skills of spea king in islamic boarding school? How the arabic environment at the Islamic boarding school "Darussa'adah" Malang? How to perfection at the Islamic boarding school "Darussa'adah" Malang?. This research uses a qualitative and descriptive approach, a phenomenon presentation method as fact and making conclusion with real phenomena. The results of this research are : First, the role or Arabic in improving the skills of speaking at Islamic boarding school "Darussa'adah" did not run as expected. Secondly, Environment in the form of the Arabic language boarding school Darussa'adah made in accordance with the natural environment. Third, an Arabic environment inIslamic boarding school "Darussa'adah crystallizes at some activities of language in the classroom and outside class.