التعليم النشاطى باستخدام لتنمية مهارة القراءة: بالتطبيق على المدرسة نهضة العلماء المتوسطة الاسلامية كارنج بلوسو

Main Author: Kiptiyah, Siti Mariatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ar
Terbitan: , 2011
Online Access: http://etheses.uin-malang.ac.id/7577/1/09720102.pdf
http://etheses.uin-malang.ac.id/7577/
ctrlnum 7577
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.uin-malang.ac.id/7577/</relation><title>&#x627;&#x644;&#x62A;&#x639;&#x644;&#x64A;&#x645; &#x627;&#x644;&#x646;&#x634;&#x627;&#x637;&#x649; &#x628;&#x627;&#x633;&#x62A;&#x62E;&#x62F;&#x627;&#x645; &#x644;&#x62A;&#x646;&#x645;&#x64A;&#x629; &#x645;&#x647;&#x627;&#x631;&#x629; &#x627;&#x644;&#x642;&#x631;&#x627;&#x621;&#x629;: &#x628;&#x627;&#x644;&#x62A;&#x637;&#x628;&#x64A;&#x642; &#x639;&#x644;&#x649; &#x627;&#x644;&#x645;&#x62F;&#x631;&#x633;&#x629; &#x646;&#x647;&#x636;&#x629; &#x627;&#x644;&#x639;&#x644;&#x645;&#x627;&#x621; &#x627;&#x644;&#x645;&#x62A;&#x648;&#x633;&#x637;&#x629; &#x627;&#x644;&#x627;&#x633;&#x644;&#x627;&#x645;&#x64A;&#x629; &#x643;&#x627;&#x631;&#x646;&#x62C; &#x628;&#x644;&#x648;&#x633;&#x648;</title><creator>Kiptiyah, Siti Mariatul</creator><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Untuk mempelajari sesuatu dengan baik maka kita perlu mendengarnya, melihatnya sekaligus mengerjakanya serta mengajukan pertanyaan tentangnya dan membahasnya dengan orang lain. Pada penelitian ini, peneliti memfokuskan penelitianya pada pembelajaran aktif yang lazim disebut dengan active learning. Pembelajaran aktif dirancang untuk menyemarakkan kelas dengan cara yang menyenangkan dan bertujuan untuk memperdalam proses belajar dan memperkuat ingatan. Adapun cara yang dimaksud adalah belajar dengan menggunakan snowball Throwing.&#xD; &#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajarn aktif dengan menggunakan snowball throwing untuk meningkatkan kemahiran membaca pada mata pelajaran bahasa Arab baik membaca dengan keras dan memahami isi bacaan serta efektifitasnya di MTs Nahdlatul Ulama Karangploso &#x2013; Malang khususnya kelas VII.&#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan pembelajaran aktif dengan menggunakan snowball throwing dan mengetahui sebarapa jauh efektifitas penggunaanya dalam meningkatkan kemahiran membaca yang dimaksud pada mata pelajaran bahasa Arab.&#xD; &#xD; Hipotesa dalam penelitian ini adalah pembelajaran aktif dengan menggunakan snowball throwing efektif dalam meningkatkan kemahiran membaca baik membaca dengan keras atau dalam memahami isi bacaan.&#xD; &#xD; Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pre test dan post test pada kelompok eksperimen dan kelompok control. Adapun instrument yang digunakan dalah observasi, wawancara, angket dan tes serta dokumentasi.&#xD; &#xD; Dan hasil dari penelitian ini adalah (1) Hasil post test dari kemampuan membaca baik membaca keras ataupun pemahaman isi dengan pembelajaran aktif yang menggunakan snowball throwing pada kelompok eksperimen adalah rata- rata 79,68 dan pada kelompok control adalah rat-rata 71,66 dan(2) tingkat efektifitas pembelajaran aktif dengan menggunakan snowball throwing dalam meningkatkan kemahiran membaca adalah dengan t-hitung 3,287 nilai ini lebih tinggi dari pada t-table 1% (2,947) dan 5% (2,131). Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran aktif dengan menggunakan snowball throwing untuk meningkatkan membaca keras dan memahami bacaan adalah efektif.&#xD; &#xD; &#xD; ABSTRACT&#xD; &#xD; The problem statement in this research is how to apply the active learning using the snowball throwing to improve the reading competency in Arabic both reading loudly and understanding the content of reading and also it&#x2019;s effectiveness at MTs Nahdlatul Ulama Karangploso-Malang particularly in grade VII.&#xD; &#xD; The research is aimed to obtain the description about the active learning application using snowball throwing and also to know how far the effectiveness of it&#x2019;s usage in improving the reading competency on Arabic.&#xD; &#xD; The hypothesis in the study is the active learning using snowball throwing effectively to improve reading competency both in reading loudly and also in understanding the content of reading.&#xD; &#xD; The form of the study is experimental study using pre-test and post-test on experimental groups and controlling group. Meanwhile the instruments used are observation, interview, anquette and tests and also documentations.&#xD; &#xD; And the result of the study is (1) the outcome of the post test from reading competency both reading loudly and understanding the content of reading with active learning using snowball throwing on experimental group in average is 79,68 and in control group in average is 71,66 and (2) the effectiveness rate of the active learning using snowball throwing in improving reading competency using t-calculation is 3.287 which is higher than that in the table 1% (2.947) and 5% (2.131). &#xD; &#xD; It shows that the active learning using snowball throwing to improve reading loudly and understanding the content of reading is effective.</description><date>2011-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ar</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>http://etheses.uin-malang.ac.id/7577/1/09720102.pdf</identifier><identifier> Kiptiyah, Siti Mariatul (2011) &#x627;&#x644;&#x62A;&#x639;&#x644;&#x64A;&#x645; &#x627;&#x644;&#x646;&#x634;&#x627;&#x637;&#x649; &#x628;&#x627;&#x633;&#x62A;&#x62E;&#x62F;&#x627;&#x645; &#x644;&#x62A;&#x646;&#x645;&#x64A;&#x629; &#x645;&#x647;&#x627;&#x631;&#x629; &#x627;&#x644;&#x642;&#x631;&#x627;&#x621;&#x629;: &#x628;&#x627;&#x644;&#x62A;&#x637;&#x628;&#x64A;&#x642; &#x639;&#x644;&#x649; &#x627;&#x644;&#x645;&#x62F;&#x631;&#x633;&#x629; &#x646;&#x647;&#x636;&#x629; &#x627;&#x644;&#x639;&#x644;&#x645;&#x627;&#x621; &#x627;&#x644;&#x645;&#x62A;&#x648;&#x633;&#x637;&#x629; &#x627;&#x644;&#x627;&#x633;&#x644;&#x627;&#x645;&#x64A;&#x629; &#x643;&#x627;&#x631;&#x646;&#x62C; &#x628;&#x644;&#x648;&#x633;&#x648;. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. </identifier><recordID>7577</recordID></dc>
language ar
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Kiptiyah, Siti Mariatul
title التعليم النشاطى باستخدام لتنمية مهارة القراءة: بالتطبيق على المدرسة نهضة العلماء المتوسطة الاسلامية كارنج بلوسو
publishDate 2011
url http://etheses.uin-malang.ac.id/7577/1/09720102.pdf
http://etheses.uin-malang.ac.id/7577/
contents ABSTRAK Untuk mempelajari sesuatu dengan baik maka kita perlu mendengarnya, melihatnya sekaligus mengerjakanya serta mengajukan pertanyaan tentangnya dan membahasnya dengan orang lain. Pada penelitian ini, peneliti memfokuskan penelitianya pada pembelajaran aktif yang lazim disebut dengan active learning. Pembelajaran aktif dirancang untuk menyemarakkan kelas dengan cara yang menyenangkan dan bertujuan untuk memperdalam proses belajar dan memperkuat ingatan. Adapun cara yang dimaksud adalah belajar dengan menggunakan snowball Throwing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajarn aktif dengan menggunakan snowball throwing untuk meningkatkan kemahiran membaca pada mata pelajaran bahasa Arab baik membaca dengan keras dan memahami isi bacaan serta efektifitasnya di MTs Nahdlatul Ulama Karangploso – Malang khususnya kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan pembelajaran aktif dengan menggunakan snowball throwing dan mengetahui sebarapa jauh efektifitas penggunaanya dalam meningkatkan kemahiran membaca yang dimaksud pada mata pelajaran bahasa Arab. Hipotesa dalam penelitian ini adalah pembelajaran aktif dengan menggunakan snowball throwing efektif dalam meningkatkan kemahiran membaca baik membaca dengan keras atau dalam memahami isi bacaan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pre test dan post test pada kelompok eksperimen dan kelompok control. Adapun instrument yang digunakan dalah observasi, wawancara, angket dan tes serta dokumentasi. Dan hasil dari penelitian ini adalah (1) Hasil post test dari kemampuan membaca baik membaca keras ataupun pemahaman isi dengan pembelajaran aktif yang menggunakan snowball throwing pada kelompok eksperimen adalah rata- rata 79,68 dan pada kelompok control adalah rat-rata 71,66 dan(2) tingkat efektifitas pembelajaran aktif dengan menggunakan snowball throwing dalam meningkatkan kemahiran membaca adalah dengan t-hitung 3,287 nilai ini lebih tinggi dari pada t-table 1% (2,947) dan 5% (2,131). Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran aktif dengan menggunakan snowball throwing untuk meningkatkan membaca keras dan memahami bacaan adalah efektif. ABSTRACT The problem statement in this research is how to apply the active learning using the snowball throwing to improve the reading competency in Arabic both reading loudly and understanding the content of reading and also it’s effectiveness at MTs Nahdlatul Ulama Karangploso-Malang particularly in grade VII. The research is aimed to obtain the description about the active learning application using snowball throwing and also to know how far the effectiveness of it’s usage in improving the reading competency on Arabic. The hypothesis in the study is the active learning using snowball throwing effectively to improve reading competency both in reading loudly and also in understanding the content of reading. The form of the study is experimental study using pre-test and post-test on experimental groups and controlling group. Meanwhile the instruments used are observation, interview, anquette and tests and also documentations. And the result of the study is (1) the outcome of the post test from reading competency both reading loudly and understanding the content of reading with active learning using snowball throwing on experimental group in average is 79,68 and in control group in average is 71,66 and (2) the effectiveness rate of the active learning using snowball throwing in improving reading competency using t-calculation is 3.287 which is higher than that in the table 1% (2.947) and 5% (2.131). It shows that the active learning using snowball throwing to improve reading loudly and understanding the content of reading is effective.
id IOS3713.7577
institution Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 114
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
library_id 504
collection Etheses UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
repository_id 3713
subject_area Islam/Agama Islam
Science and Religion/Sains, Ilmu Pengetahuan dan Agama
Engineering/Ilmu Teknik
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3713
first_indexed 2017-08-20T01:56:25Z
last_indexed 2022-10-21T08:51:39Z
recordtype dc
_version_ 1763305073651220480
score 17.538404