تطوير منهج تدريس مهارة الكلام على أساس إتجاه التعليم والتعلم على السياق العام في مركز اللغات والثقافات والدين جامعة سونن كاليجاكا الإسلامية بيوكياكرتا
Main Author: | Zakiyah, Fitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ar |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://etheses.uin-malang.ac.id/7375/1/09720057.pdf http://etheses.uin-malang.ac.id/7375/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kurikulum merupakan hal yang sangat urgen dalam sistem pendidikan. Kurikulum berperan penting dalam menentukan keberhasilan sebuah pembelajaran karena mencakup banyak hal yang terkait di dalamnya, yang meliputi tujuan pembelajaran, materi, metode pembelajaran dan evaluasi. Oleh karena itu, seorang pengajar dituntut untuk mampu memahami dan mendesain kurikulum yang baik sesuai dengan kebutuhan siswa. Berdasarkan riset yang telah peneliti lakukan, materi yang terdapat dalam buku ajar di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tidak sesuai dengan konteks kehidupan dan kebutuhan siswa. Selain itu tidak terdapat ujian lisan dalam proses evaluasi, sedangkan pembelajaran bahasa ditekankan pada kemampuan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum keterampilan berbicara dengan perspektif Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jenis penelitan dalam tesis ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini digunakan untuk mengembangkan sebuah kurikulum yang ada di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun ajaran 2011-2012. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, interview, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini berupa kurikulum pembelajaran kemahiran berbicara dengan menggunakan perspektif Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mencakup tujuan pembelajaran, materi, metode pembelajaran dan model evaluasi. Karena keterbatasan waktu, peneliti tidak mengimplementasikan hasil penelitian dan menggantinya dengan uji ahli kurikulum bahasa Arab dari universitas yang bersangkutan ABSTRACT A curriculum is essential part of educational system. It has an important role for teaching and learning success because of involving in many things related to it, containing goal of learning, materials, methods of learning, and evaluation. Hence, teachers should understand and pay attention. They should be able to design a good curriculum that relevant with students needs. Based on research, the material of language learning at Center of Languanges, Cultures and Religion of Sunan Kalijaga Islamic State University of Yogyakarta is not relevant with students life contenxt and students needs. And, there is no oral examination besides the language teaching and learning focus on communication competency. The goal of this thesis is to develop a curriculum of speaking skill learning using contextual teaching and learning at Center of Languages, Cultures and Religion of Sunan Kalijaga Islamic State University of Yogyakarta. The kind of this research is research and development (R&D) used to develop a curriculum at Center of Languages, Cultures and Religion of Sunan Kalijaga Islamic State University of Yogyakarta period 2011-2012. The observation, interview, documentation and questionnaire are used to gain the data. The result of this thesis is curriculum of speaking skill learning using contextual teaching and learning approach at Center of Languages, Cultures and Religion of Sunan Kalijaga Islamic State University of Yogyakarta. This curriculum contain the goal of speaking skill learning, the materials, the methods of learning and evaluation. The researcher do not implement the curriculum because of limit of time and change it by experts judgment of the university