Daftar Isi:
  • INDONESIA: Tingkat persaingan dunia usaha di Indonesia sangat ketat, karena setiap perusahaan senantiasa berusaha untuk dapat meningkatkan pangsa pasar dan meraih konsumen baru. Namun, seiring dengan meningkatnya persaingan antar industry di segala bidang, maka perusahaan dituntut untuk semakin teliti dalam melihat peluang pasar yang tersedia. Dalam mengoptimalkan peluang perusahaan harus meningkatkan pada sector penjualan, konsumen memilih suatu produk dan melakukan keputusan pembelian biasanya dipengaruhi oleh bebagai hal. Perilku konsumen sangatlah berpengaruh dalam keputusan pembelian suatu produk, salah satu factor yang penting untuk mengetahui perilaku konsumen adalah dengan mempelajari factor psikologis dari konsumen. Pengambilan keputusan konsumen merupakan proses pengintegrasian yang mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternative, dan memilih salah satu di antaranya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengunakan data primer dan sekunder. Model analisis mengunakan uji asumsi klasik terdiri dari uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji non-autokorelasi dan uji normalitas. Dilanjutkan dengan uji hipotesis mengunakan uji f (simultan), uji t (parsial) dan variabel dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perilaku konsumen yang terdiri dari kelompok acuan (X1), gaya hidup (X2) dan kelas sosial (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial kalompok acuhan (X1) mempunyai pengaruh signifikan dan gaya hidup (X2) berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Kelompok acuhan (X1) mempunyai pengaruh dominan keputusan pembelian (Y) sebesar 54.02 %. Dan koefisien determinan sebesar 60.7% menunjukkan bahwa kemampuan menjelaskan variabel perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian. ENGLISH: The level of competition in the business world Indonesia is very strict, because every company is always trying to increase market share and reach new customers. However, along with increased competition among industries in all fields, the company is expected to be more thorough in seeing market opportunities available. In optimizing the opportunities companies have to improve the sales sector, consumers choose a product and make a purchase decision is usually influenced by the kinds of things. Consumer behavior is very influential in the purchase decision of a product, one factor that is important to know the consumer behavior is by studying the psychological factor of the consumer. Consumer decision making is a process that combines the integration of knowledge to evaluate the behavior of two or more alternatives, and choose one of them. This research is a quantitative study, by using primary and secondary data. Model analysis using classical assumption test consists of multicollinearity test, test heterokedastisitas, non-autocorrelation test and the test for normality. Followed by hypothesis testing using test f (simultaneous), t test (partial) and the dominant variable. The results showed that, the behavior of consumers of the reference group (X1), lifestyle (X2) and social class (X3) simultaneously significant effect on purchasing decisions. Partially kalompok acuhan (X1) has significant influence and lifestyle (X2) but no significant effect on purchasing decisions (Y). Acuhan group (X1) has dominant influence purchasing decisions (Y) of 54.02%. And determinant coefficient of 60.7% indicates that the ability to explain consumer behavior variables on purchase decisions.