تطوير الكتاب التعليمي لمادة اللغة العربية على شكل الخريطة الذهنية:بالتطبيق على مدرسة نور الهدى المتوسّطة الإسلاميّة بمالانق
Main Author: | Umami, Lilis Fikriya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ar |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://etheses.uin-malang.ac.id/4857/1/12150032.pdf http://etheses.uin-malang.ac.id/4857/ |
Daftar Isi:
- INDONESIA: Bukan materi Bahasa Arab merupakan tujuan akhir dalam pembelajaran, akan tetapi membutuhkan media dalam mencapai tujuan. Media dalam pembelajaran sangat penting untuk para siswa dalam materi Bahasa Arab. Supaya guru dapat menyampaikan materi Bahasa Arab dengan menarik dan efektif maka diperlukan adanya media. Peneliti mengambil salah satu media yang sesuai dengan penelitian ini yaitu konsep berfikir (Mind Map). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini di antaranya : 1) bagaimana pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan buku ajar di MTs Nurul Huda Malang, 2) bagaimana bentuk pengembangan materi bahasa Arab berbasis mind map, 3) bagaimana efektivitas penggunaaan pengembangan buku ajar untuk materi bahasa Arab berbasis mind map di kelas 2 MTs Nurul Huda Malang. Peneliti menggunakan jenis metode penelitian dan pengembangan untuk materi bahasa Arab berbasis mind map, pendekatan kualitatif dan kuantitaf. Adapun instrumen pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara,tes, dan angket. Langkah- langkah pengembangan “ADDIE” yang terdiri dari lima tahapan di antaranya: analisis kebutuhan, desain, pengembangan, percobaan, dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini bahwa pengembangan buku ajar untuk materi bahasa Arab berbasis mind map menghasilkan nilai uji-t yaitu 8,84 % dengan sample 30 sesuai tabel 1 % menunjukkan 2,04 dan 5 % menunjukkan 2,75. Sehingga dapat diambil perbedaan 2,04<8,84> 2,75. Dimana t0 lebih besar dari pada t-tabel maka hasil nya tidak valid. Dan peneliti mendapatkan hasil dari uji-t dari pengembangan buku ajar untuk materi bahasa Arab berbasis mind map yaitu valid dan efektif. ENGLISH: No matter Arabic is the ultimate goal in learning, but require the media to achieve goals. Media in learning is very important for the students in the material in Arabic. So that teachers can deliver material in Arabic with an attractive and effective it needed the media. Researchers took one of the media that according to this study, it is Mind Map. The formulation of the problem in this study include: 1) how learning Arabic using textbooks at MTs Nurul Huda Malang, 2) how to shape the material development of Arabic-based mind map, 3) how the effectiveness of the use of the development of textbooks for language materials based Arabic mind map in class 2 MTs Nurul Huda Malang. Researchers using these types of methods of research and development for topics Arabic language based mind map, qualitative and quantitative approaches. The data collection instruments include: observation, interviews, tests and questionnaires. Measures development "ADDIE" consisting of five stages include: requirements analysis, design, development, trials and evaluation. Results from this study that the development of a learning book for topics Arabic language based mind map produce the t-test value is 8.84% with a sample of 30 according to table 1 shows 2,04% and 5% showed 2.75. In order to take the difference of 2.04 <8.84> 2.75. Where t0 is greater than the t-table then the result is invalid. And researchers get the results of the t-test of the development of the learning for topics Arabic language based mind map that is valid and effective.