Pengaruh bimbingan belajar di sekolah terhadap prestasi siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI dan XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 02 Malang

Main Author: Subhan, Subhan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2009
Online Access: http://etheses.uin-malang.ac.id/4163/1/04130010.pdf
http://etheses.uin-malang.ac.id/4163/
ctrlnum 4163
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.uin-malang.ac.id/4163/</relation><title>Pengaruh bimbingan belajar di sekolah terhadap prestasi siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI dan XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 02 Malang</title><creator>Subhan, Subhan</creator><description>INDONESIA:&#xD; &#xD; Dalam meningkatkan mutu pendidikan yang sesuai cita-cita bangsa Indonesia yakni mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa adalah sangat diharapkan pada lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia. Untuk mencapai mutu pendidikan yang benar-benar berkualitas salah satu cara untuk mewujudkanya adalah dengan adanya bimbingan belajar yang implikasinya bertujuan untuk meningkatkan Prestasi siswa.&#xD; &#xD; Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah pertama, Bagaimana Bimbingan Belajar terhadap prestasi siswa Disekolah pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI dan XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 2 Malang?; kedua, Apa ada Pengaruh Bimbingan Belajar Disekolah terhadap prestasi siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI dan XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 2 Malang?; dan ketiga, Bagaimana Perbedaan Prestasi Siswa kelas XI dan XII yang mengikuti Bimbingan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 2 Malang?.&#xD; &#xD; Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode questioner (angket) sistematis, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI dan XII SMA Muhammadiyah 2&#xD; Malang dengan jumlah sampel 29 siswa. Analisa data yang dilakukan dengan langkah-langkah tahap pertama: Pengolahan data (editing atau koding), Tabulasi dan penyesuaian data, tahap dua: pengujian hipotesis.&#xD; &#xD; Setelah melalui tahap hipotesis temuan penelitian dalam skripsi ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, Bimbingan belajar siswa kata gori sedang dengan sekor interval 23-26 dengan nila 39.2 %. Adapun prestasi siswa kata gori tinggi dengan sekor interval 34-38 dengan nilai frekuensi antar 44.9 %; Kedua, Tidak ada pengaruh signifikan bimbingan belajar terhadap prestasi siswa kelas 2 (XI) dengan kelas 3 (XII) pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah&#xD; 2 Malang. Karena nilai sig &gt; &#x3B1;.; dan Ketiga, Untuk nilai ujian kelas 2 lebih tinggi (72.92) dari pada kelas 3 (70.13). dengan perbedaan rata-rata (mean diference) kelas 2 dan 3 SMA Muhammadiyah 2 Malang sebesar 2.798 (72.92-70.13).</description><date>2009-01-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>http://etheses.uin-malang.ac.id/4163/1/04130010.pdf</identifier><identifier> Subhan, Subhan (2009) Pengaruh bimbingan belajar di sekolah terhadap prestasi siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI dan XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 02 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. </identifier><recordID>4163</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Subhan, Subhan
title Pengaruh bimbingan belajar di sekolah terhadap prestasi siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI dan XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 02 Malang
publishDate 2009
url http://etheses.uin-malang.ac.id/4163/1/04130010.pdf
http://etheses.uin-malang.ac.id/4163/
contents INDONESIA: Dalam meningkatkan mutu pendidikan yang sesuai cita-cita bangsa Indonesia yakni mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa adalah sangat diharapkan pada lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia. Untuk mencapai mutu pendidikan yang benar-benar berkualitas salah satu cara untuk mewujudkanya adalah dengan adanya bimbingan belajar yang implikasinya bertujuan untuk meningkatkan Prestasi siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah pertama, Bagaimana Bimbingan Belajar terhadap prestasi siswa Disekolah pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI dan XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 2 Malang?; kedua, Apa ada Pengaruh Bimbingan Belajar Disekolah terhadap prestasi siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI dan XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 2 Malang?; dan ketiga, Bagaimana Perbedaan Prestasi Siswa kelas XI dan XII yang mengikuti Bimbingan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 2 Malang?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode questioner (angket) sistematis, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI dan XII SMA Muhammadiyah 2 Malang dengan jumlah sampel 29 siswa. Analisa data yang dilakukan dengan langkah-langkah tahap pertama: Pengolahan data (editing atau koding), Tabulasi dan penyesuaian data, tahap dua: pengujian hipotesis. Setelah melalui tahap hipotesis temuan penelitian dalam skripsi ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, Bimbingan belajar siswa kata gori sedang dengan sekor interval 23-26 dengan nila 39.2 %. Adapun prestasi siswa kata gori tinggi dengan sekor interval 34-38 dengan nilai frekuensi antar 44.9 %; Kedua, Tidak ada pengaruh signifikan bimbingan belajar terhadap prestasi siswa kelas 2 (XI) dengan kelas 3 (XII) pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Malang. Karena nilai sig > α.; dan Ketiga, Untuk nilai ujian kelas 2 lebih tinggi (72.92) dari pada kelas 3 (70.13). dengan perbedaan rata-rata (mean diference) kelas 2 dan 3 SMA Muhammadiyah 2 Malang sebesar 2.798 (72.92-70.13).
id IOS3713.4163
institution Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 114
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
library_id 504
collection Etheses UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
repository_id 3713
subject_area Islam/Agama Islam
Science and Religion/Sains, Ilmu Pengetahuan dan Agama
Engineering/Ilmu Teknik
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3713
first_indexed 2016-11-25T08:48:58Z
last_indexed 2022-10-21T08:48:24Z
recordtype dc
_version_ 1763305051547238400
score 17.538404