Implementasi pedoman evaluasi pembelajaran tematik di SDI Assalam Malang

Main Author: Maulidin, Fadma Hidayati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Online Access: http://etheses.uin-malang.ac.id/3117/1/11140031.pdf
http://etheses.uin-malang.ac.id/3117/
Daftar Isi:
  • INDONESIA: Penggunaan pedoman evaluasi pembelajaran tematik dapat mengukur keberhasilan siswa dalam memahami materi, sehingga hasil belajar bisa mencapai nilai yang maksimal. Implementasi pedoman evaluasi pembelajaran harus dilakukan oleh guru karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Namun, kondisi di lapangan berbeda dengan teori. Hasil belajar tidak memuaskan hal tersebut disebabakan karena guru tidak mengevaluasi pembelajaran secara rutin. Hal ini bisa diatasi dengan cara mengimplementasikan pedoman evaluasi pembelajaran tematik dengan benar yaitu melakukan penilaian autentik pada setiap pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemahaman guru terhadap pedoman evaluasi pembelajaran tematik di SDI Assalam Malang, mengetahui model pembelajaran tematik di SDI Assalam Malang dan mengetahui dampak setelah implementasi pedoman implementasi pembelajaran tematik di SD Islam Assalam Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Prosedur penelitian ini meliputi: 1. Penelitian dan pengumpulan informasi awal. 2. Perencanaan 3. Observasi 4. Wawancara 5. Dokumentasi 6. Pengumpulan informasi 7. Pemaparan data 8. Pelaporan hasil penelitian. Pedoman wawancara digunakan sebagai dasar menemukan permasalahan dan didukung oleh data observasi dan dokumentasi. Langkah tersebut digunakan untuk mengetahui dampak setelah adanya implementasi pedoman evaluasi kurikulum 2013 di SD Islam Assalam Malang. Berdasarkan hasil penilitian. Hasilnya adalah sebelum implementasi siswa mendapatkan hasil nilai dengan prosentase 45% dan setelah implementasi mendapatkan nilai dengan hasil prosentase 55%. Berdasarkan hasil prosentase setelah melaksanakan implementasi pada kelas 4, hasil belajar siswa kelas 4 pada aspek pengetahuan meningkat sebanyak 10% .pada aspek penilaian sikap, spiritual dan sosial dilakukan pada setiap akhir pembelajaran. ENGLISH: Using evaluation on thematic learning instruction measure the success of student in understanding material, so that the result of study achieve the maksimal value. Implementation of evaluation on learning must conducted by teacher cause for increase the result of study. However, condition in the field is different with theory. The result of study is dissatisfy. This case caused by teacher is not evaluate the material routine. This matter finishable with imply the evaluation on thematic learning instruction, that is do evaluation in the end of study. The purpose of the research is determine the teacher’s understanding about evaluation on thematic learning instruction at SDI Assalam Malang. determine the model of thematic learning at SDI Assalam Malang. determine the impact generated after implementation of evaluation on thematic learning at SDI Assalam Malang. This Research is use describtive qualitative method. The procedure of this research are: 1.First research and gathering information. 2. Planning 3. Observation 4. Interview 5. Dokumentation 6. Gathering information 7. Explanation of data 8. Reporting of the Research result. The interview guidance use as the basic to find problems and supported by observation and documantation data. This manner to determine the impact generated after implementation of evaluation on thematic learning instruction 2013 curriculum at SDI Assalam Malang. Based on the result of the research. The result before implementation students get the value with percentage 45% and after implementation get the value with percentage 55%. Based on the resut of the percentage after implementation on 4th gradethe result of the study in 4th garde on knowadge aspect is increase 10%. And for assessment of attitude, spiritual and social conducted on every the end of the study.