Social identity of K-Pop fun: Study comparison between K-Pop fans who are involved in Community KFM and K-Pop fans who are not involved in Community KFM
Daftar Isi:
- INDONESIA: Kemunculan K-Pop yang fantastis berbuntut pada kemunculan penggemar yang sangat mengidolakan K-Pop. Kemudian mengidentifikasi dirinya sebagai penggemar K-Pop dan menjadikan penggemar K-Pop sebagai identitas sosialnya. Identitas yang mereka bentuk dan yang akan selalu melekat pada penggemar akan dikenal oleh masyarakat. Hal ini yang dinamakan identitas sosial. Setiap penggemar K-Pop memiliki asumsi dan pandangan yang berbeda-beda mengenai identitas masing-masing sebagai penggemar K-Pop, baik penggemar K-Pop yang tergabung dalam komunitas fandom ataupun yang tidak tergabung. Rumusan masalah yang muncul diantaranya adalah: (1) Bagaimana identitas sosial pada penggemar K-Pop yang tergabung dalam komunitas KFM? (2) Bagaimana identitas sosial pada penggemar K-Pop yang tidak tergabung dalam komunitas KFM? (3) Adakah perbedaan identitas sosial antara penggemar K-Pop yang tergabung dalam komunitas KFM dan yang tidak bergabung dengan KFM? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui identitas sosial pada penggemar K-Pop yang tergabung dalam komunitas KFM (K-Pop Fandom Malang), (2) Untuk mengetahui identitas sosial pada penggemar K-Pop yang tidak tergabung dalam komunitas KFM atau non-fandom, (3) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan identitas sosial antara penggemar K-Pop yang tergabung dalam komunitas KFM dan yang tidak bergabung dengan KFM (non-fandom). Rancangan penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu Identitas sosial yang akan membandingkan penggemar K-Pop yang tergabung dalam komunitas KFM (K-Pop Fandom Malang) dan penggemar K-Pop yang tidak tergabung dalam komunitas. Jumlah subjek yang digunakan 300 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu purposive sampling dan menggunakan uji-t untuk analisa hasil penelitian. Sebagian besar penggemar K-Pop baik yang tergabung dalam KFM maupun yang tidak tergabung dalam KFM memiliki identitas sosial dalam kategori sedang dengan persentase pada Ingroup 73% dan Outgroup 70%. Hasil uji-t menunjukkan nilai thit pada ingroup =77,047 dan 45,934 pada outgroup, df = 149 dengan signifikansi = 0,5 thit > ttab (77,047 > 0,67614) dan (45,934 > 0,67614). Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis diterima. Dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara penggemar K-Pop yang tergabung dalam KFM (K-Pop Fandom Malang) dan penggemar K-Pop yang tidak tergabung dalam KFM. ENGLISH: Occurrences fantastic K-Pop fans that culminated in the emergence of highly idolized K-Pop. Then identified himself as a fan of K-Pop and K-Pop fans make a social identity. Their identities and shape that will always be attached to the fan will be known by the public. This is called social identity. Each K-Pop fans have assumptions and different views regarding their identity as a fan of K- Pop, K-Pop fans both belonging to the community or who are not members of fandom. The problems that arise such as: (1) How does social identity on K-Pop fans who are members of the community KFM? (2) How does social identity on K-Pop fans who are not members of the community KFM? (3) is there a difference social identity between a fan K-Pop that is incorporated within the KFM community and that are not joined to the KFM community? The purpose of this study is: (1) To determine the social identity of the K- Pop fans who are members of the KFM(K-Pop fandom Malang) community, (2) To determine the social identity of the K-Pop fans who are not members of the KFM community or non-fandom, (3) To determine whether there are differences in social identities among K-Pop fans who are members of the community of KFM and which did not join the KFM (non-fandom). The research design consisted of a single variable that will compare the social identity of K-Pop fans who are members of the KFM (K-Pop fandom Malang) community and K-Pop fans who are not members of the community. The number of subjects who used 300 people. Sampling technique using nonprobability sampling technique is purposive sampling and using t-test to analyze the results of the study. Most of the K-Pop fans are members of KFM (K-Pop fandom Malang) and K-Pop fans who are not members of the KFM, the social identity in the medium category with 73% percentage of the ingroup and 70% on the outgroup. T-test results show the value of the ingroup thit = 77.047 and 45.934 in the outgroup, df = 149 with significance = 0.5 thit> ttab (77.047> 0.67614) and (45.934> 0.67614). Based on these results, the hypothesis is accepted. And it can be concluded that there is a difference between the K-Pop fans who are members of KFM (K-Pop fandom Malang) and K-Pop fans who are not members of the KFM.