Pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Thoriqotul Hidayah Gedong Laren Lamongan
Daftar Isi:
- INDONESIA: Adanya proses pendidikan yang bertujuan mengembangkan motivasi belajar siswa lebih banyak ditentukan dalam lingkungan keluarga. Kesadaran akan tanggung jawab mendidik dan membina anak secara terus-menerus perlu dikembangkan kepada semua orangtua. Dari banyak masalah yang terjadi disekolah ternyata faktor pada siswa antara lain motivasi belajar. Berdasarkan hal tersebut, dapat dicari bagaimana tingkat pola asuh demokratis orangtua pada siswa kelas V MI (Madrasah Ibtidaiyah) Thoriqotul Hidayah Gendong Laren Lamongan, bagaimana tingkat motivasi belajar siswa kelas V MI (Madrasah Ibtidaiyah) Thoriqotul Hidayah Gendong Laren Lamongan, dan adakah pengaruh pola asuh demokratis orangtua terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI (Madrasah Ibtidaiyah) Thoriqotul Hidayah Gendong Laren Lamongan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat pola asuh demokratis orangtua pada siswa kelas V MI (Madrasah Ibtidaiyah) Thoriqotul Hidayah Gendong Laren Lamongan, untuk mengetahui seberapa besar tingkat motivasi belajar siswa kelas V MI (Madrasah Ibtidaiyah) Thoriqotul Hidayah Gendong Laren Lamongan, dan untuk mengetahui adanya pengaruh pola asuh demokratis orangtua terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI (Madrasah Ibtidaiyah) Thoriqotul Hidayah Gendong Laren Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dan jenisnya berupa kuantitatif yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh antara dua variabel. Metode pengumpulan data berupa angket, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswi kelas V MI (Madrasah Ibtidaiyah) Thoriqotul Hidayah Gendong Laren Lamongan yang berjumlah 57 siswa, terdiri dari 30 perempuan dan 27 laki-laki. Analisa data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan menggunakan komputer program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisa dapat diketahui bahwa tingkat pola asuh demokratis orangtua pada siswa kelas V MI (Madrasah Ibtidaiyah) Thoriqotul Hidayah Gendong Laren Lamongan berada pada kategori sedang, dengan responden yang berjumlah 35 siswa atau 61%. Sedangkan tingkat motivasi belajar (yaitu intrinsik dan ekstrinsik) yang dimiliki oleh siswa kelas V MI (Madrasah Ibtidaiyah) Thoriqotul Hidayah Gendong Laren Lamongan diketahui pada kategori sedang, dengan responden yang berjumlah 38 siswa atau 66,7%. Pengaruh antara pola asuh demokratis orangtua terhadap motivasi belajar siswa sangat signifikan, dimana diketahui nilai koefisien korelasi 0.379 (37.9%) pada taraf P=0.004. pola asuh demokratis orangtua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa.