Implementasi metode fuzzy topsis pada aplikasi penentuan skala prioritas untuk peningkatan mutu layanan Rumah Singgah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Main Author: | Hasanah, Novrindah Alvi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etheses.uin-malang.ac.id/12512/1/14650037.pdf http://etheses.uin-malang.ac.id/12512/ |
Daftar Isi:
- INDONESIA: Beberapa tahun terakhir dampak globalisasi dalam bidang ekonomi menyebabkan industri jasa khususnya penginapan berkembang dengan cepat, akibatnya persaingan antar perusahaan semakin ketat. Dalam jasa penginapan, peningkatan mutu layanan adalah strategi terbaik untuk menarik minat pengunjung. Strategi tersebut yang akan diterapkan oleh Rumah Singgah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Selama ini pengunjung menyampaikan keluhan ke pihak manajemen, sedangkan pihak manajemen belum memiliki suatu sistem yang dapat mengetahui fasilitas dan layanan yang membutuhkan perbaikan. Sehingga dibangun aplikasi yang dapat menentukan skala prioritas peningkatan mutu layanan dengan menerapkan Fuzzy TOPSIS. Data berasal dari hasil kuesioner 25 pengunjung Rumah Singgah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Uji coba dilakukan sebanyak dua kali yaitu uji coba prioritas peningkatan layanan dan uji coba kelayakan layanan. Tingkat akurasi pada uji coba prioritas peningkatan layanan sesuai rumus presisi sebesar 84.45% berdasarkan 120 data sesuai dari 150 total data yang didapatkan dari 25 pengunjung dan 16 data sesuai dari 18 total data yang didapatkan dari 3 expert perhotelan. Sedangkan tingkat akurasi pada uji coba kelayakan layanan sesuai rumus presisi sebesar 85.34% berdasarkan 131 data sesuai dari 150 total data yang didapatkan dari 25 pengunjung dan 15 data sesuai dari 18 total data yang didapatkan dari 3 expert perhotelan.