Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013-2015

Main Author: Dani Ismoyo
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Perbanas Institute , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.perbanas.id//index.php?p=show_detail&id=32624
http://digilib.perbanas.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/S1_MANAJEMEN.jpg.jpg
Daftar Isi:
  • PEMBIMBING: Edy Sukarno_Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Ukuran perusahaan diproksikan dengan total aset, profitabilitas diukur dengan Return On Asset (ROA) dan leverage diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER). Sedangkan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) diproksikan dengan item-item yang diungkapkan dalam laporan tahunan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh melalui data-data dan laporan tahunan perusahaan yang diterbitkan melalui Bursa Efek Indonesia (BEI). Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data dilakukan melalui download laporan tahunan perusahaan di www.idx.co.id, Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Sampel penelitian ini menggunakan 54 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2013-2015. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Model analisis yang digunakan adalah model analisis regresi linier berganda yang dilakukan dengan bantuan program Eviews versi 7. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh signifikan positif terhadap pengungkapan CSR, profitabilitas berpengaruh tidak signifikan positif terhadap pengungkapan CSR, dan leverage berpengaruh tidak signifikan negatif terhadap pengungkpaan CSR.
  • xv,58hlm.;illus.;28cm.