Integrasi Berpikir Kritis dan Pembelajaran Bahasa Asing
Main Author: | Indah, Rohmani Nur |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Naila Pustaka
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-malang.ac.id/680/1/Bunga%20rampai%20isu%20kontemporer-indah.pdf http://repository.uin-malang.ac.id/680/ |
Daftar Isi:
- Dalam mengintegrasikan antara berpikir kritis dan pembelajaran bahasa asing diperlukan pertimbangan mendalam terkait hakikat, tujuan, proses dan asesmennya. Praktisi pendidikan perlu meninjau lebih jauh keunikan konteks kebahasaan dan konteks kultural peserta didik sebelum mendesain implementasi integrasi berpikir kritis dalam pembelajaran bahasa.Berpikir kritis saat ini menjadi bagian dari isu pembelajaran bahasa asing. Isu ini sejalan dengan paradigma kompetensi utama pendidikan internasional 4R (reading, writing, arithmetic, and reasoning). Kemampuan membaca, menulis, berhitung, dan menalar menjadi kompetensi global untuk mendukung pengembangan diri secara sosial, ekonomi dan budaya saat ini dan masa mendatang (Hayat & Yusuf, 2010). Berpijak dari sinilah maka tulisan ini mengangkat pentingnya mengintegrasikan antara berpikir kritis dan berbahasa asing.