Aplikasi Visual Basic Pada Perhitungan Waktu Tempuh Dan Volume Arus Lalu Lintas
Main Author: | Sedayu, Agung |
---|---|
Format: | Proceeding NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-malang.ac.id/573/1/Sentia%202014-agung.pdf http://repository.uin-malang.ac.id/573/ |
Daftar Isi:
- Kepadatan suatu jalan paling tidak dipengaruhi oleh volume dan kecepatan lalu lintas yang terjadi. Prasarana jalan sebagai penunjang aksesibilitas antar dua zona sangat ditentukan oleh karakteristik jaringan transportasi yang menghubungkan ke dua zona tersebut. Volume dan waktu tempuh dalam lalu lintas sangat berkaitan dengan tingkat pelayanan dan kapasitas suatu jalan. Arus lalu lintas berinteraksi dengan sistem jaringan transportasi. Jika arus lalu lintas meningkat pada ruas jalan tertentu, waktu tempuh pasti bertambah oleh karena kecepatan menurun. Tulisan ini bertujuan untuk membuat program hubungan volume dengan waktu tempuh lalu lintas dengan suatu metode pendekatan. Pendekatan yang dipakai pada tulisan ini adalah pendekatan linear. Metode ini biasanya menggunakan waktu tempuh (T) dan volume arus lalu lintas (Q) dengan menggunakan analisis regresi linear untuk suatu pendekatan linear. Hubungan dua faktor tersebut disusun dalam suatu persamaan regresi linear yang divisualisasi dengan program Visual Basic 6 (VB 6.0). Lokasi jalan yang menjadi objek kajian adalah Jln. Kolonel Sugiyono Kota Malang. Jalan ini merupakan jalan propinsi kelas 1 yang menghubungkan bagian utara menuju selatan bagian Malang. Survei data dilakukan pada Senin pagi jam 08.00 – 10.00 WIB untuk arah jalur utara menuju selatan kota Malang. Hasil kajian menunjukkan bahwa Visual Basic memberikan aspek visualisasi yang cukup menarik dan komunikatif dalam mempresentasikan hasil perhitungan dan analisis waktu tempuh dan arus lalu lintas. Hasil visual perhitungan dalam program dapat ditampilkan berupa kurva, grafik, tabel, ouput perhitungan, diagram atau sejenisnya. Dengan demikian para pengguna program dapat dengan jelas memahami apa yang dimaksud dalam hasil analisis pendekatan linear hubungan waktu tempuh dengan volume arus lalu lintas pada suatu ruas jalan