Daftar Isi:
  • Terminal Hamid Rusdi merupakan terminal angkutan umum tipe B di kota Malang beroperasi pertama pada tahun 2009. Untuk saat ini terminal ini masih cenderung sepi karena lokasinya yang berada pada wilayah pengembangan kota Malang bagian selatan menjadi daerah satelit. Posisinya menggantikan terminal Gadang yang berdekatan dengan pasar induk Gadang. Lokasi terminal yang baru ini berada sejauh ±1,5 km ke arah timur. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi atribut pelayanan terminal Hamid Rusdi berbasis suara pengguna angkutan umum yang meliputi tingkat kepentingan dan kepuasan. Metode yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan menggunakan program SPSS 18. Hasil penelitian dari proses survei pendahuluan memperoleh 10 atribut utama pelayanan terminal, dimana kemudahan (easy) dalam hal lokasi, sirkulasi, mendapat tiket, harga, informasi, fasilitas, dan tidak ada biaya tambahan (pungutan liar) menjadi atribut yang paling dibutuhkan pengguna. Fasilitas terminal yang paling dibutuhkan adalah kios dan retail. Survei lanjutan memperoleh 54 atribut pelayanan, dimana Kemudahan lokasi dari lingkungan mendapat skor tingkat kepentingan pengguna yang tertinggi. Hasil ini dapat dibandingkan dengan kondisi nyata, bahwa terminal hamid Rusdi yang masih jauh dari keramaian masih sangat sepi dari penumpang dan kendaraan angkutan umumnya. Angkutan umum masih melakukan transit di terminal lama yaitu terminal Gadang, sehingga menimbulkan fenomena terminal bayangan.