Daftar Isi:
  • Terminal Tawang Alun Jember beroperasi sejak 1992 hingga kini terus mengalami penurunan tingkat kinerjanya. Untuk mengatasi tersebut diperlukan kajian untuk meningkatkan kinerja terminal Tawang Alun agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja terminal Tawang Alun dengan mengacu pada prinsip Green Terminal. Metode yang digunakan adalah survei dan analisis deskripsi untuk memberi gambaran awal kinerja terminal berdasarkan tingkat kepuasan penumpang. Hasil survei dan wawancara memperoleh 12 atribut kinerja meliputi Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan, Daya Tanggap Pengelola, Utilitas Bangunan, Estetika Arsitektural, Kemudahan dan Keterjangkauan, Keandalan Transportasi, Daya Tahan bangunan, Frekuensi dan Kepadatan, Kenyamanan dan Keteraturan, Ketersediaan dan Kapasitas Fasilitas Umum , dan Penerapan Konsep Ramah Lingkungan. Secara rata-rata tingkat kepuasan terhadap lima atribut kinerja yang pertama adalah pada skala kurang memuaskan