Mahasiswa Mengajar: Peran learning resources oleh Musyrif Ma’had UIN Malang
Main Author: | Machmudah, Umi |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.uin-malang.ac.id/4807/1/4807.pdf http://repository.uin-malang.ac.id/4807/ |
Daftar Isi:
- Hikmah adalah ilmu yang bermanfaat, barang siapa yang diberi Allah hikmah maka sungguh dia telah mendapatkan kebaikan yang banyak . Artinya ilmu tersebut bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun orang- orang sekitarnya (keluarga/ asrama/ ma’had/ lingkungan terdekat dimana dia berada bahkan untuk bangsa dan negara). Kemanfaatan akan terjadi jika ilmu tersebut oleh pelaku (yang punya ilmu) dan orang yang diajaknya bisa dijadikan sebagai sarana untuk melakukan amal sholeh. Sarana mencapai hikmah yang efektif adalah dengan “mengajar” Yu’til haikmata man yasyaa’ wa man yu’tal hikmata faqad uutiya khairan katsiiro . Mahasiswa sebagai pemuda secara umum adalah usia yang sangat potensial dan produktif, sehingga sangat strategis untuk diberdayakan, dilibatkan dalam proses pembangunan, mulai dari lingkungan dia berada yakni “kampus”. Pengajar adalah bagian dari sumber belajar , dimana keberadaannya adalah sangat penting dalam proses belajar mengajar karena merupakan sumber invormasi, pengetahuan, keterampilan, sikap bahkan spiritual. Melalui pendekatan kualitatif, secara deskriptif baik dengan cara pengamatan, wawancara dan kajian dokumen, makalah ini ditulis melalui penelitian yang dilakukan di ma’had al Jami’ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada mahasiswa musyrif/ musyrifah (pembimbing), bertujuan untuk menemukan beberapa hal: 1) Peran learning resources oleh mahasiswa pembimbing (musyrif/ musyrifah) dalam rangka pembelajaran pada mahasantri, 2) Kemanfaatan yang diperoleh mahasiswa pembimbing (musyrif/ musyrifah) 3) Kemanfaatan yang diperoleh mahasantri yang dibimbing oleh mahasiswa pembimbing (musyrif/ musyrifah).