Potret perjalanan pengentasan individu autisme
Main Author: | Indah, Rohmani Nur |
---|---|
Format: | Proceeding NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-malang.ac.id/3753/7/3753.pdf http://repository.uin-malang.ac.id/3753/ |
Daftar Isi:
- Tulisan ini membahas artikel jurnal yang berjudul: Challenges and Successful Pedagogical Strategies: Experiences from Six Swedish Students with Blindness and Autism in Different School Settings. Diterbitkan di Journal of Autism Development Disorder (2018) 48:520–532. Rahasia keberhasilan mengajar siswa tunanetra autis meliputi beberapa hal seperti (1) Melibatkan perencanaan yang jelas dan terstruktur; (2) Scaffolding artinya seluruh instruksi disedehanakan dan dipecah-pecah; (3) Menggunakan alur sensori terbaik, misalnya melalui bunyi yang jelas agar informasi ditangkap optimal; (4)Hindari banjir sensori misalnya dengan memberi informasi yang terlalu banyak dan cepat,berikan jeda jika melibatkan penginderaan yang berbeda, misalnya antara perintah untuk mendengar, meraba, merasakan dst.; (5) Berikan detil apa yang harus dilakukan satu persatu, misalnya apa yang harus diambil,dikembalikan dst; (6)Biasakan pada pola penugasan tertentu sampai dia terbiasa, baru memberikan model penugasan lain; (7) Awal dan akhir pembelajaran harus diperjelas termasuk setiap instruksi tugas; (8) Batasi waktunya pada setiap tugas; (9) Sederhanakan bahasa sampai dia mengerti; (10) Lakukan pengayaan dengan mengulang kembali tugas sebelumnya sampai yakin dia benar-benar paham; (10) Libatkan orang tua untuk melakukan hal yang sama ketika belajar di rumah