Potret perjalanan pengentasan individu autisme

Main Author: Indah, Rohmani Nur
Format: Proceeding NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-malang.ac.id/3753/7/3753.pdf
http://repository.uin-malang.ac.id/3753/
Daftar Isi:
  • Tulisan ini membahas artikel jurnal yang berjudul: Challenges and Successful Pedagogical Strategies: Experiences from Six Swedish Students with Blindness and Autism in Different School Settings. Diterbitkan di Journal of Autism Development Disorder (2018) 48:520–532. Rahasia keberhasilan mengajar siswa tunanetra autis meliputi beberapa hal seperti (1) Melibatkan perencanaan yang jelas dan terstruktur; (2) Scaffolding artinya seluruh instruksi disedehanakan dan dipecah-pecah; (3) Menggunakan alur sensori terbaik, misalnya melalui bunyi yang jelas agar informasi ditangkap optimal; (4)Hindari banjir sensori misalnya dengan memberi informasi yang terlalu banyak dan cepat,berikan jeda jika melibatkan penginderaan yang berbeda, misalnya antara perintah untuk mendengar, meraba, merasakan dst.; (5) Berikan detil apa yang harus dilakukan satu persatu, misalnya apa yang harus diambil,dikembalikan dst; (6)Biasakan pada pola penugasan tertentu sampai dia terbiasa, baru memberikan model penugasan lain; (7) Awal dan akhir pembelajaran harus diperjelas termasuk setiap instruksi tugas; (8) Batasi waktunya pada setiap tugas; (9) Sederhanakan bahasa sampai dia mengerti; (10) Lakukan pengayaan dengan mengulang kembali tugas sebelumnya sampai yakin dia benar-benar paham; (10) Libatkan orang tua untuk melakukan hal yang sama ketika belajar di rumah