Pengembangan penilaian untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/HOTs)
Main Author: | Wahidmurni, Wahidmurni |
---|---|
Format: | Proceeding NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-malang.ac.id/3684/1/3684.pdf http://repository.uin-malang.ac.id/3684/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan berpikir kritis dan kreatif merupakan kemampuan kognitif yang perlu dikembangkan dalam aktivitas pembelajaran di kelas. Kemampuan berpikir semacam ini sangat dibutuhkan bagi siswa dalam menjalani kehidupan di masyarakat. Untuk itu, kegiatan pembelajaran perlu dirancang dan dilaksanakan dengan memfasilitasi siswa untuk mengalami aktivitas berpikir semacam ini atau yang sering dikatakan sebagai bagian dari kemampuan berpikir tingkat tinggi. Untuk memastikan kemampuan berpikir tingkat tinggi dimiliki oleh siswa, maka kemampuan guru untuk menyusun soal-soal yang mengukur aspek tersebut menjadi faktor penentu ketercapaian tujuan ini. Prasyarat bagi guru adalah harus memiliki kemampuan memahami tingkatan aspek kognitif berikut penjabaran KKO dalam indikator pencapaian kompetensi, serta membuktikannya dalam menyusun instrumen tes, utamanya dalam bentuk soal-soal yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi/soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills/HOTS).