Pengaruh kegiatan synectics terhadap kemampuan menulis kreatif

Main Author: Aziz, Rahmat
Format: Journal PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-malang.ac.id/366/1/Synectics%20dan%20Menulis%20Kreatif.pdf
http://repository.uin-malang.ac.id/366/
Daftar Isi:
  • Kreativitas adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan baik bagi individu yang bersangkutan maupun bagi kehidupan sosial, karena itu pendidikan bertanggung jawab untuk mengembangkannya. Namun, proses pendidikan yang berlangsung saat ini kurang berpihak pada pengembangan kreativitas siswa, salah satu indikatornya adalah model pembelajaran yang digunakan guru cenderung monoton dan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk memunculkan metode alterntaif dalam mengembangkan kreativitas dalam bentuk menulis kreatif. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimental yang bertujuan untuk menguji synectics dalam mengembangkan kemampuan menulis kreatif dengan menyertakan sikap kreatif sebagai variabel kovariat. Pelajaran yang digunakan sebagai sarana pemberian perlakuan adalah bahasa Indonesia yang dianggap cocok untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan menulis kreatif dalam bentuk menulis karangan. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas tujuh (VII) MTs Surya Buana Malang sebanyak 48 orang (24 untuk kelompok analogi dan 24 untuk kelompok pembanding). Pengambilan data dilakukan dengan tes menulis kreatif dan skala sikap kreatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis multivariate analysis of covariance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan synectics efektif dalam mengembangkan kemampuan menulis kreatif.