Analisis kualitas instrument soal ujian akhir madrasah berstandar nasional (UAMBN) mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) tingkat Madrasah Tsanawiyah tahun akademik 2012-2014

Main Author: Abubakar, Isti'anah
Format: Proceeding NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-malang.ac.id/2458/1/Jurnalnya%20-%20UPI.docx
http://repository.uin-malang.ac.id/2458/
Daftar Isi:
  • Ujian Akhir Madrasah berstandar Nasional menjadi ajang untuk mengetahui kemampuan dan kompetensi siswa madrasah terkait pengetahuan PAI nya secara nasional. Dari kelima mata pelajaran PAI, maka SKI menjadi salah satu mata pelajaran yang nilai pencapaiannya terendah. Hal ini disebabkan banyak faktor, baik internal maupun eksternal. Analisa instrument soal, misalnya, karena selama ini kelemahan ini difokuskan pada lemahnya startegi dan penguasaan materi yang dilakukan oleh guru SKI. Keduanya secara tidak langsung berimplikasi pada pemahaman instrumen soal yang akan dikerjakan siswa. Analisa kualitas instrument soal merupakan kegiatan untuk memastikan apakah penyusunan soalnya telah disesuaikan dengan kaidah penulisan soal yang bermutu. Hal ini penting mengingat setiap UAMBN telah dikeluarkan kisi-kisi yang seyogyanya mempermudah guru untuk menyiapkan anak didiknya dalam menghadapi UAMBN